News, Sport and Lifestyle

Menangkis Hal Negatif dengan Seni

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Banyak hal yang bisa di­lakukan seseorang dengan meng­hindar dari hal-hal negatif. Salah satu­nya dengan me­nyibukkan diri de­­ ngan hal-hal po­sitif. Tak terke­cuali dengan menekuni ke­se­nian. Salah satu warga Desa Ciam peaudik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Aris Munandar, menginginkan para pemuda yang ada di desanya memiliki peran dalam seni dan pendidikan. “Dengan seni hati menjadi lembut, dengan seni pemuda akan memiliki kegiatan yang positif,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.
Menurut Aris, seni merupakan ide yang dituangkan melalui kreativitas bentuk nyata yang bisa dicontoh orang lain. Dengan seni, dirinya yakin akan mengatasi pemuda agar tak terjerumus dari hal negatif. “Hal negatif yang kebanyakan dilakukan para pemuda itu karena mereka tidak memiliki aktivitas, tapi kalau mereka sibuk melakukan sesuatu, mereka tidak akan melakukan hal yang aneh-aneh,” terangnya lagi.
Sebagai penerus generasi bangsa, pemuda harus memiliki peran untuk memajukan negara ini. Melalui seni dan peran, mereka dapat menuangkan gagasan serta pikiran yang kemudian dituangkan ke sebuah bentuk seni. “Setidaknya, seni dan pendidikan akan membawa seseorang menuju masa depannya. Mungkin juga akan menjadi bidang yang menghasilkan rupiah,” pungkasnya. (ano/b/suf/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *