News, Sport and Lifestyle

Mendulang Untung Ikan Bawal

METROPOLITAN.ID – Di sini sebagaian besar petani mengem­bangkan ikan bawal sebagai komoditas utama. Salah satunya adalah Ance Trio Marta. Bagi Ance, mengembangkan ikan Bawal karena hobi sekaligus menerapkan ilmu yang didapatnya saat kuliah di IPB sejak tiga tahun lalu. Pahit getir budidaya ikan bawal telah ia lewati.
Semula pemuda berusia 25 tahun ini sempat mengembangkan ikan lele namun gagal hingga menanggung kerugian Rp110 juta karena lokasinya tidak cocok. Saat itu hasil panen lele hanya 1 ton dari target yang ditetapkan sebanyak 10 ton. Berbekal dari kegagalan inilah Ance terus berusaha dan mengalihkan budidaya ikan lele ke ikan bawal air tawar. Kini ia pun sukses mengembangkan ikan bawal air tawar dengan jumlah 400 kolam dengan melibatkan 30 karyawan. Setiap panen, sebuah kolam ikan mampu menghasilkan pendapatan hingga Rp14 juta.
Penjualan ikan bawal air tawar kini makin mudah seiring makin digemarinya jenis ikan ini oleh masyarakat. Pembeli datang langsung ke kolam milik Ance untuk kemudian membawanya ke pasar ikan di Jakarta seperti Muara Angke dan Kali Baru. Ikan bawal dipanen setelah berukuran dua hingga 12 ekor per kilogramnya.
Untuk menjaga kesinambungan pasokan ikan, Ance juga mengembangkan pembibitan ikan. Selain dibesarkan sendiri, bibit ikan atau larva juga banyak dibeli petani sekitar untuk dibesarkan di kolamnya masing-masing. Dalam mengembangkan pembibitan Ance mampu meraup pendapatan Rp8 juta per minggu. Melimpahnya keuntungan dari bawal air tawar juga dirasakan pengepul larva.
Popularitas ikan bawal air tawar saat ini tak kalah dengan ikan bawal laut. Banyak rumah makan yang menyediakan menu olahan ikan bawal air tawar. Seperti yang dilakukan sebuah rumah makan di Jalan Kampus IPB, Bogor yang menyediakan menu andalan dari ikan bawal air tawar. Selain dibakar dan digoreng, bawal air tawar juga lezat diolah asam manis, rica-rica, saos padang. Sebelum dimasak dengan bumbu, ikan bawal biasanya digoreng setengah matang. Tekstur daging yang lembut dan rasanya yang gurih membuat olahan ikan bawal air tawar mampu menggaet hati pelanggan. (mn/suf/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *