News, Sport and Lifestyle

Menjaga Sungai Tetap Bersih

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Jumat Bersih (Jumsih) sudah menjadi program yang sedang digalakkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk seluruh instansi yang ada di bawah naungan orang nomor satu di Kota Bogor, Bima Arya. Tak mau kalah dengan pemerintah tingkat atas, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor, membentuk gerakan warga Cinta Kali Bersih (Cinta Kasih). Dengan Program Cinta Kasih, warga Kelurahan Kencana diharapkan dapat mematuhi peraturan yang tertulis di dalamnya.
Lurah Kencana Syafe’i R mengatakan, program tersebut diterapkan kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, kesadaran warga untuk tetap menjaga kali tetap bersih juga berperan penting dalam mewujudkan Cinta Kasih. “Harapan kami warga sadar dan tidak membuang sampah ke kali, teratur membuang sampah dan memisahkan mana yang organik dan nonorganik,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.
Mencegah mewabahnya penyakit di Kelurahan Kencana, pihaknya juga membentuk Tim Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Tim tersebut mampu mengurangi sarang nyamuk yang ada di wilayah kerjanya. “Ini untuk penanggulangan wabah DBD, makanya tim terus bergerak memberantas tempat yang memungkinkan nyamuk bersarang,” ujarnya.
Tak hanya itu, lanjut Syafe’i R, program kebersihan lingkungan juga selalu dijadwalkan sebulan sekali melalui Program Minggu Bersih (Mingsih). Kegiatan tersebut di antaranya untuk membersihkan sampah di sekitar jalan utama, saluran air dan gorong-gorong. (ano/b/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *