News, Sport and Lifestyle

Menjaga Warisan Kebersamaan

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Merawat lingkungan supaya menjadi lebih baik, merupakan kewajiban seluruh masyarakat agar terciptanya kondisi lingkungan hidup yang sehat dan nyaman. Pemerintah Desa (Pemdes) Ciampeaudik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, mencoba menerapkan lingkungan yang sehat mulai dari tingkat RT. Program penerapan lingkungan bersih itu dilakukan untuk terus melestarikan warisan budaya gotong-royong.
Ketua RT 01/08, Desa Ciampeaudik, Enuh Basarudin mengatakan, kerja bakti digelar masing-masing RT. Kegiatan yang dijadwalkan setiap bulan itu diharapkan mampu membersihkan sampah di pinggiran jalan dan saluran air yang berada di lingkungannya. “Sekarang ini cara bersosialisasi masyarakat semakin berkurang, makanya kami terus bergerak agar budaya gotong-royong tidak hilang,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.
Saat ini,kata dia, kesadaran masyarakat untuk mencintai lingkungannya sudah mulai berkurang. Sehingga untuk memupuk nilai-nilai gotong-royong, Pemdes Ciampeaudik berusaha menyosialisasikan kepada warganya. “Gotong-royong bisa dimulai dari kerja bakti di lingkungan RT dan diharapkan ke depan masyarakat lebih mencintai lingkungan,” ujarnya.
Dia menambahkan, kerja bakti sangat penting. Selain membuat lingkungan bersih, juga mampu mempererat hubungan silaturahmi antarwarga. “Saya berharap kerja bakti di tingkat RT bisa berjalan dengan baik. Sehingga warga terbebas dari ancaman penyakit,” pungkasnya. (ano/b/suf/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *