News, Sport and Lifestyle

Menteri Kaget Lihat Sapi Raksasa di Bogor

METROPOLITAN.ID – Menteri Pertanian Amran Sulaiman terkejut melihat sapi lokal di Rumpin, Kabupaten Bogor, kemarin. ”Ini luar biasa. Ternyata sapi lokal kita bisa mencapai berat di atas 700 kilogram. Padahal, usianya baru dua hingga tiga tahun,” kata Amran saat mengunjungi pusat karantina sapi PT Karya Anugerah Rumpin, Kabupaten Bogor, kemarin.
Amran lebih terkejut ketika melihat sapi yang belum mencapai usia satu tahun namun telah memiliki berat di atas 400 kilogram. ”1,5 tahun 1,5 ton beratnya. Aduh, tambah kacau otak saya,” imbuhnya.
Melihat kemampuan pengusaha lokal dalam meningkatkan kualitas hewan ternak, Amran yakin Indonesia dalam waktu dekat dapat mencapai swasembada sapi.
Sementara itu, PT Karya Anugerah Rumpin (KAR) merupakan perusahaan peternakan dan pembibitan sapi dan kerbau yang terletak di Kampung Paranje, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin.
Kunjungan menteri itu dilakukan dalam rangka menyaksikan implementasi teknologi perbaikan genetik sapi lokal Indonesia yang dilakukan dan dikerjasamakan antara PT KAR dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta Direktorat Perbibitan Ternak Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan.
PT KAR berdiri sejak tahun 2001. Perusahaan ini telah membuat kerja sama operasional dengan LIPI untuk pengembangan produksi benih sapi unggul dengan sistem join riset perbaikan genetika sapi dan penyebarannya.
“Saat ini 82 persen kebutuhan daging sapi diisi daging lokal, sekitar 18 persen masih impor. Dengan teknologi perbaikan genetik sapi lokal ungguan diharapkan kebutuhan daging secara nasional bisa seratus persen dipenuhi sapi lokal,” kata Amran optimistis. (sir/ok/er/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *