SHARE

METROPOLITAN.ID –  Siapa sangka batang ranting kayu jambu yang biasanya hanya dibakar sebagian orang, kini bisa dimanfaatkan untuk diubah menjadi hiasan cantik. Ya, batang kayu jambu ternyata bisa dijadikan kembang plastik. Seperti yang dilakukan keluarga Fahrudin, warga Kampung Baru, RT 03/06, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor. Seperti apa prosesnya?
Mereka memanfaatkan batang kayu jambu sebagai mata pencarian tetap. Berdiri sejak lima tahun lalu, usaha pengolahan batang kayu jambu ini sudah terjual hingga ke seluruh nusantara.
Home industry yang berada di bawah bendera Fatih Florist Decoration itu telah memiliki tiga karya untuk memproduksi hiasan kembang plastik. Apalagi saat ini mendekati Hari Raya Imlek, mereka harus menyelesaikan pesanan yang jumlahnya hingga ribuan batang kembang plastik.
Bahkan, dalam sehari perajin kembang plastik harus bisa menyelesaikan 100–200 kembang untuk mengejar target pesanan. “Sejam bisa jadi satu, karena sekarang setiap hari kami mengirim 500 batang,” ujar istri Fahrudin, Lestari, kepada Metropolitan, kemarin.
Untuk penjualan, ia menghitung per lusin yang dikirim dari distributor. Lalu, distributor menyebarluaskan kepenjuru Indonesia. “Kami sudah mengirim hampir ke seluruh wilayah di Indonesia. Soal harga, satu batang kami banderol mulai dari Rp40.000 hingga Rp1 juta,” katanya.
Dia menambahkan, di Kota Bogor yang memproduksi kembang plastik baru keluarganya. Sebab, rata-rata penjual kembang plastik lain memasoknya dari produksi Fatih Florist Decoration. “Mungkin dalam skala kecil ada, tapi kalau yang produksi skala besar seperti ini baru kami,” ujar ibu tiga anak itu. Ia mengaku bersyukur bisa membantu memberi pekerjaan bagi warga sekitar. Setidaknya untuk tiga orang yang ia pekerjakan saat ini. “Mudah-mudahan ke depan terus berkembang dan bisa mempekerjakan lebih banyak orang lagi,” pungkasnya. (ano/b/suf/py)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY