SHARE

METROPOLITAN.ID | JASINGA – Musim penghujan seperti saat ini, membuat penyebaran nyamuk aedes aegypti di wilayah Jasinga meningkat. Dalam sepekan, dua warga terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD). Kini warga yang tinggal di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, pun mulai gelisah.
Kepala UPT Puskesmas Jasinga Anang Sujana mengatakan, dari data UPT Puskesmas Jasinga, sebagian besar pasien, khususnya anak–anak, menderita DBD lantaran perubahan iklim.
“Untuk mencegah korban lagi, kami akan mempersempit penyebaran nyamuk tersebut dengan melakukan pengasapan atau fogging,” kata Anang kepada Metropolitan, kemarin. Ia menjelaskan, virus ini akan terbawa nyamuk melalui kelenjar ludahnya ke orang tersebut dan menyebabkan orang yang sehat terinfeksi virus DBD.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Camelia W Sumaryana mengaku masih mendata jumlah pasien di wilayah Kabupaten Bogor. “Saya minta warga menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di lingkungan sekitar. Pemberantasan sarang nyamuk adalah upaya paling efektif untuk mengantisipasi DBD,” ujarnya.(ads/b/yok/py)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY