SHARE

METROPOLITAN.ID | RUMPIN – Akibat kebiasaan buruk mengonsumsi minuman keras (miras), seorang pemuda warga RT 03/03, Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin, Arno (29) nekat mencuri kotak amal Musala Al-Ikhlas. Nahas, aksi pencurian tersebut diketahui warga. Pelaku pun ditangkap dan babak belur dikeroyok massa (dikormas).
“Pantas saja Musala Al Ikhlas sering kehilangan,“ ujar seorang warga sekitar Jajang (40) kepada Metropolitan, kemarin.
Menurutnya, pelaku diketahui masuk Musala Al-Ikhlas yang terletak di Kampung Cikoleang RT 01/04, Desa Sukamulya sekitar pukul 23:00 WIB.
“Awalnya saya dengar suara kegaduhan di dalam musala. Saat saya intip ternyata ada orang lagi mencokel kotak amal musala,“ terangnya.
Ia mengaku langsung membangunkan ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Musala Al-Ikhlas dan beberapa warga sekitar. Setiba di sana, warga langsung mengepung dan menangkap pelaku.
“Saat ditangkap dan ditanyai warga, pelaku mengaku habis mabuk dan kekurangan biaya. Karena hal itu mereka nekat mencuri kotak amal musala,” paparnya.
Sementara itu, Ketua DKM Musala Al-Ihklas Toto mengungkapkan, di musalanya sering terjadi pencurian kotak amal dan kejadian ini sudah yang kesepuluh.
“Baru kali ini pelakunya tertangkap, makanya langsung kami serahkan ke pihak kepolisian agar diproses secara hukum,” katanya.
Menanggapi hal ini, Kanit Reskrim Polsek Rumpin AKP Asep Triono, membenarkan telah terjadi pencurian kotak amal di Musala Al-Ikhlas.
“Pelaku sudah kami amankan di Polsek Rumpin berikut barang bukti berupa sebuah kotak amal,” jelasnya.
Ia menambahkan, pelaku dijerat dengan pasal pencurian ringan dengan pemberatan dan atau percobaan melakukan kejahatan, seperti yang tertuang di pasal 363 atau 53 KUHP. (sir/yok/run)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY