News, Sport and Lifestyle

Padepokan Para Jawara Memprihatinkan

METROPOLITAN.ID | CARINGIN – Gedung Padepokan Pencak Silat Aliran Cimande (PPSAC) Kampung Tarikolot, RT 10/03, Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor yang dibangun sekitar tahun 1993 ini nampaknya harus segera diperbaiki.
Hal ini tak lain karena untuk menunjang bakat orang-orang yang ingin mempelajari ilmu bela diri, khususnya PPSAC agar lebih terdukung dan semangat melatih dirinya di gedung ini mulai dari fasilitas dasar seperti tempat.
Hadirnya para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Komisi IV yang meninjau langsung gedung PPSC yang menjadi tempat dilahirkannya para pesilat dunia, diharapkan mampu memberikan suntikan dana untuk memperbaiki dan bisa memperbesar gedung agar lebih layak.
”Gedung sudah satu kali dilakukan pembangunan ulang karena awal bangunan ini adalah kayu. Namun seiring bertambahnya usia bangunan, keadaan gedung perlahan mulai rapuh. Contoh kecil dari balok penahan bangunan,” ujar Sekretaris PPSAC, Muhamad Agus Asmara.
Pernyataan yang sama juga disampaikan Kepala Desa Cimande, Sudarjat. Ia sangat mengharapkan bantuan dari para anggota dewan. ”Semoga anggota dewan bisa membantu PPSAC ini guna menjaga dan melestarikan pencak silat yang sudah lahir puluhan tahun ini,” ujarnya.
Namun begitu, berdasarkan kebijakan pemerintah terkait Surat Edaran (SE) Mendagri, Nomor 900/4627/SJ tentang Penajaman Ketentuan Pasal 298 ayat (5) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mewajibkan setiap penerima bantuan hibah harus berbadan hukum atau bersertifikat, sepertinya sedikit menjadi kendala untuk segera menerima bantuan dari pemerintah.
”Agar cepat terealisasi, saya harapkan pemerintah membantu memfasilitasi persoalan badan hukum yang harus ditempuh untuk mempermudah. Ini menyangkut budaya Indonesia, semoga semuanya berjalan lancar dan cepat terealisasi,” tutup Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Komisi I Wasto Sumarno. (her/suf/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *