News, Sport and Lifestyle

Panglima TNI Ingatkan Pentingnya Disiplin Prajurit

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Globalisasi dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan adanya revolusi budaya yang tak mengenal batas ruang dan waktu. Bahkan, perlahan mengikis budaya ketimuran Indonesia yang penuh kearifan dan keluhuran. Tak terkecuali pola sikap dan tindakan kehidupan prajurit TNI menjadi terpengaruh dan rentan.
Menyikapi dampak negatif tersebut, Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI Hari Budianto mengingatkan pentingnya disiplin prajurit sebagai perisai yang mencerminkan etika dan moral keprajuritan. “Saya ingin garis bawahi, TNI tidak mengenal kata damai bagi prajurit arogan dan komandan satuan tak akan pernah melindungi prajurit yang melanggar aturan dan hukum,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada sambutan upacara 17-an yang dibacakan Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI Hari Budianto di Main Apron Lanud Ats, kemarin.
Sebab, sambungnya, prajurit TNI yang melanggar tak akan menemukan ruang di hati dan simpati rakyat. Hal ini menjadi penghalang terwujudnya kebersamaan antara TNI dan rakyat. “Ini sangat bertentangan dengan cita-cita HUT ke-70 TNI lalu, yaitu ’Bersama Rakyat, TNI Kuat, Hebat dan Profesional. Siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian’,” sambungnya.
Pada akhir sambutan, Panglima TNI menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman bagi segenap prajurit dan PNS TNI. Di antaranya tentang nilai-nilai keimanan dan ketakwaan prajurit, disiplin tinggi dan menaati aturan serta deteksi dini ancaman teroris pascateror Jakarta.
Selain itu, prajurit wajib memelihara dan meningkatkan hubungan yang harmonis dan kerja sama dengan sesama instansi dan masyarakat. “Jaga dan pertahankan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja dan pengabdian TNI dengan selalu mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Dilandasi tekad untuk selalu berbuat yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas,” tegasnya. (fin/b/sal/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *