SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Memasuki awal 2016, sejumlah partai politik melakukan rapat internal untuk menyusun perubahan para pimpinan fraksi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Kota Bogor. Seperti DPC PDIP Kota Bogor yang melakukan rapat pleno dan mengumumkan perubahan para pimpinan fraksi dan AKD DPRD Kota Bogor, kemarin.
Ketua DPC PDIP Kota Bogor Dadang Danubrata mengatakan, perubahan AKD dan fraksi merupakan bentuk penye­garan dan sebagai pengalaman para anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PDIP. Perubahan juga dilakukan berdasarkan Peraturan Partai (PP) Nomor 022/2015 mengenai kedudukan DPC dan Fraksi DPRD. Di dalamnya diatur mengenai tata cara pemilihan ketua dan sekretaris fraksi serta para AKD DPRD,” ujarnya kepada Metropolitan.
Dadang juga menerangkan, pemilihan komposisi itu harus diputuskan berdasarkan hasil rapat pleno DPC dengan kesepakatan musyawarah mufakat. “Tujuannya perubahan AKD ini sebagai bentuk penyegaran dan pengalaman bagi para anggota DPRD. Jadi hasil perubahan komposisi fraksi dan AKD ini akan dievaluasi juga setiap enam bulan sekali. Segala keputusan partai saat ini ada di DPC berdasarkan rapat pleno DPC yang diputuskan secara musyawarah mufakat,” terangnya.
Sementara, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Bogor Rusmiatiningsih menjelaskan, sesuai hasil rapat pleno DPC PDIP Kota Bogor tentang perubahan AKD dan fraksi, di antaranya untuk posisi Ketua Fraksi Rusmiatiningsih dan Sekretaris Ujang Sugandi. “Sedangkan pada komposisi AKD di antaranya Komisi A oleh Laniasari dan Ujang Sugandi, Komisi B oleh Rusmiatiningsih, Komisi C diisi Atty Somadikarya dan Budi, Komisi D oleh Cristian dan Ence Setiawan,” paparnya.
Sementara itu untuk posisi di Badan Anggaran akan diisi Atty Somadikarya, Laniasari dan Budi. Pada posisi Balegda ditempati Rusmiatiningsih dan Ujang Sugandi, di Badan Musyawarah di antaranya Rusmiatiningsih, Atty Somadikarya dan Ence Setiawan. Sedangkan untuk di Badan Kehormatan akan diduduki Cristian. “Semua itu hasil dari rapat pleno yang dilakukan kita,” katanya.
Tak hanya DPC PDIP yang melakukan berubahan AKD, DPC Gerindra pun mengubah sejumlah AKD yang ada di DPRD Kota Kota Bogor. Hal tersebut disampaikan Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bogor Sopian Ali Agam. Sopian menyatakan, berdasarkan hasil rapat pleno dan sudah diusulkan bahwa terjadi perubahan pada AKD DPRD Kota Bogor. Namun, perubahan tidak signifikan, hanya ada beberapa pertukaran posisi. “Untuk komposisi pada Badan Anggaran di antaranya Mahpudi Ismail dan H Idris, Banmus akan diisi H Zenal Abidin, Ade Askia, Balegda oleh Jenal Mutaqin dan Badan Kehormatan H Idris,” kata dia.
Lalu untuk komposisi komisi di DPRD tetap tidak ada perubahan. Hanya Ade Askia pindah dari Komisi B ke Komisi D. “Kita akan mengikuti situasi kondisinya hasil kesepakatan rapat pimpinan DPRD. Jadi Gerindra tidak akan ngotot mempertahankan posisi Ketua Komisi, kecuali jika fraksi lain seperti Golkar dan PKS ngotot mempertahankan posisi ketua komisi,” jelasnya.  “Sebelumnya kita sudah membuat kesepakatan untuk melakukan perubahan AKD dengan pimpinan partai dan dewan,” tambahnya. (mam/b/ram/wan)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY