News, Sport and Lifestyle

Pemkot Bogor Sambut Pergantian Tahun dengan Zikir

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Kamis (31/12) malam, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar zikir bersama di Ruang Balaikota Bogor untuk menyambut pergantian tahun. Acara ini dipimpin KH Dudi Zuhdi yang diawali sambutan dari Komandan Distrik Militer (Dandim) 0606 Letkol M Albar yang dilanjutkan Walikota Bogor Bima Arya.
Bima mengatakan, ada banyak cara untuk menutup dan mengawali tahun, salah satunya dengan membangun kultur dan pandangan baru dan jangan isi dengan kegiatan yang bersifat hura-hura, karena akhir tahun merupakan saat yang baik untuk mengevaluasi diri dengan melaksanakan muhasabah. “Jadikanlah Rasulullah sebagai sosok yang kita teladani, sosok yang satu antara kata dan perbuatan,” tegasnya.
Bermuhasabah merupakan kegiatan yang bisa dijadikan tradisi positif oleh masyarakat. ”Silakan ada suka-ria namun jangan sampai keluar dari koridor dan ketentuan. Jangan sampai pergantian tahun diakhiri dan diawali dengan kemaksiatan,” tambahnya.
Pergantian tahun adalah momentum penting bagi pimpinan untuk mengapresiasi kerja sama yang terjalin dalam menghadapi kondisi yang penuh dinamika. ”Tanpa kerja sama pemerintah dan unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), belum tentu kondisi yang kondusif dapat tercipta dan gejolak yang ada tanpa kebersamaan tidak akan terselesaikan. Karenanya, saya haturkan terima kasih atas kerja samanya. Semoga di 2016, kita masih terus diberi kesehatan untuk menjalani amanah,” lanjut Bima.
Sementara itu, Dandim menyatakan, pergantian tahun adalah saatnya untuk merefleksi, mengkaji dan mengevaluasi diri atas apa yang diperbuat di 2015. Ia berharap, dengan berkumpul bersama bisa berdoa dan memohon ampunan. Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat untuk mengakhiri tahun dengan hura-hura, sebab hal ini harus dibuang jauh-jauh, berdoa dan bersyukur adalah hal yang positif. “Dengan berdoa dan zikir kita pantas meminta yang terbaik. Di sinilah peran orang tua menjadi krusial untuk memberikan edukasi dan arahan bagi anak-anaknya,” paparnya.
Selain itu, ia juga mengapresiasi kontribusi warga dengan pemerintah senantiasa menjalin kerja sama untuk menciptakan kondisi yang kondusif. ”Tanpa partisipasi warga dan pemerintah, kondisi ini tidak dapat diraih. Pertahankan dan tingkatkan kerja sama yang telah terjalin sehingga Kota Bogor meraih kesuksesan. Semoga di 2016 akan lebih baik,” pungkasnya.
Acara ini juga dihadiri Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman, Ketua Dewan Rakyat Daerah (DPRD) Untung Maryono, Kapolresta, Dandim 0606, Komandan Datasemen Polisi Militer (Dandenpom) Mayor SPM Reza Nasution, Sekda Kota Bogor dan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). Tidak ketinggalan, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bogor dan para tokoh agama. Di akhir acara, KH Adam Ibrahim menutup zikir bersama dengan menyampaikan tausyiah dengan bertemakan rasa syukur atas kenikmatan yang telah diberi selama hidup. (*/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *