News, Sport and Lifestyle

Pemkot Gagas TPU Ramah Lingkungan

METROPOLITAN.ID | SUKABUMI – Memasuki tahun baru 2016, Dinas Pengelolaan Sampah, Pertamanan dan Pemakaman (DPSPP) Kota Sukabumi menyiapkan puluhan liang lahat di enam Tempat Pemakaman Umum (TPU). Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi telah membuat konsep TPU ramah lingkungan antibeton.
Kepala Bidang Pemakaman DPSPP Kota Sukabumi, Edna Kustiah mengatakan, pihaknya telah memilih TPU Ciandam Kota Sukabumi sebagai TPU Khusnul Hotimah. Atau program TPU ramah lingkungan, di mana pemakaman tidak menggunakan tembok dan beton. “TPU ramah ling­kungan ini hanya rumput saja, tidak meng­gunakan tembok dan beton. Konsep ini sudah kita terapkan di lokasi TPU Cian­dam Kota Sukabumi,” ungkap Edna.
Lebih lanjut ia mengatakan, Program TPU ramah lingkungan tersebut akan diterapkan dan dibuka mulai 2016. Namun di tahun ini pihaknya sedang melakukan pena­taan. “Pak wali per­nah berpesan jika TPU ramah ling­kungan yang ada di Kompleks Ciandam ini khusus pemakaman bagi keluarga besar PNS, pensiunan dan DPRD Kota Sukabumi bilamana ada yang meninggal dikebumikan di TPU ini. Namun demikian, saya berharap ke depan TPU ramah lingkungan ini terbuka juga untuk masyarakat umum,” tuturnya.
Dia mengatakan, penambahan liang lahat itu merupakan agenda tahunan setiap meng­hadapi hari-hari besar. “Tidak cuma tahun ba­ru saja, Idul Fitri juga kami agendakan,” ujar dia.
Menurut dia, dari pengalaman tahun ke tahun, setiap perayaan malam tahun baru tingkat mobilisasi sangat tinggi, termasuk rawan kecelakaan lalu lintas.
Makanya sebagai antisipasi kita siapkan puluhan liang lahat serta sebanyak 35 petugas siap berjaga-jaga. “c,” pungkasnya. (pj/feb/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *