News, Sport and Lifestyle

Pemkot Kembalikan Uang Provinsi Rp46 Miliar

METROPOLITAN.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi mengembalikan Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat Tahun Anggaran 2015 sebesar Rp46 miliar karena tidak terserap. ”Bantuan itu mayoritas untuk proyek pembangunan fisik,” kata Walikota Sukabumi Mohamad Muraz di Sukabumi, kemarin.
Adapun rincian Banprov Jabar senilai Rp46 miliar, seperti pembangunan Ruang Sentral Bedah RSUD R Syamsudin sebesar Rp8 miliar, pembangunan Pasar Pelita Rp30 miliar serta pembangunan Kantor Pelayanan Pusat Informasi Perdagangan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) serta Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disporaparekaf) Kota Sukabumi Rp8 miliar.
Dikembalikannya bantuan untuk pembangunan Ruang Sentral Bedah RSUD R Syamsudin, sambung Muraz, karena bantuan yang diberikan tidak akan cukup. Sebab, pembangunannya membutuhkan dana sesuai Detail Engineering Design (DED) Rp22 miliar. Lalu, bantuan pembangunan Pasar Pelita. Sebab,  pembangunan pasar tersebut bekerja sama dengan pihak ketiga sehingga bantuan dari Pemprov Jabar tidak terserap.
Sementara alasan dikembalikannya banprov untuk pembangunan kantor pelayanan pusat informasi perdagangan di tiga dinas tersebut, karena DED-nya belum ada. Dengan berbagai alasan itu dan khawatir dalam penyerapannya ada masalah, pihaknya memilih untuk  mengembalikan dana tersebut.
”Banprov Jabar tahun anggaran 2015 yang dapat diserap secara keseluruhan mencapai   70 persen serta dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar sesuai perencanaan dan DED yang dibuat,” tambahnya.
Muraz berharap Banprov Jabar yang tidak terserap itu pada Tahun Anggaran 2016 dapat dikucurkan kembali kepada pemkot untuk direalisasikan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.(rci/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *