News, Sport and Lifestyle

Pemprov DKI Siapkan Kartu Jakarta One

METROPOLITAN.ID – Pemprov DKI Jakarta berencana membuat kartu Jakarta One yang akan berfungsi untuk akses dalam segala hal di Jakarta, mulai dari pembayaran rumah susun (rusun), alat pembayaran naik bus Transjakarta, masuk museum, hingga tempat-tempat lainnya.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, kartu tersebut untuk seluruh warga DKI Jakarta. Warga Ibu Kota yang memilikinya nanti akan disesuaikan dengan daftar kependudukan di DKI sesuai dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Namun bagi warga luar Jakarta mereka tetap bisa mendapatkan kartu tersebut.

“Itu kartu yang akan kami buat bareng Bank Indonesia dan Bank DKI. Ada dari Kementerian Informasi (Keminfo) juga duduk bareng untuk menciptakan kartu itu. Karena kan produknya kami ada rusun,Transjakarta. Makanya yang pegang kartu itu tidak boleh bank, karena nanti bank lain tidak mau ikut. Data juga tidak boleh di bank,” ujar Basuki di Balai Kota, Senin (11/1).

Oleh karena itu, karena Pemprov DKI kini menganut open data, maka pihak Keminfo dan UPT Smart City Jakarta juga akan membuka datanya supaya mudah diketahui dan transparan bagi semua masyarakat. Kartu ini juga mirip dengan kartu octopus di Hongkong. Jakarta bisa menggunakan itu karena Jakarta sudah memiliki potensi pasarnya sendiri seperti rusun, bus, parkir, hingga sistem Electronic Road Pricing (ERP).

“Makanya Jakarta One nanti kita bikin kayak kartu kredit gitu lho, visa, master, jadisemua bank bisa ikut. Jadi orang DKI kalau mau hidup nyaman harus pakai kartu itu,” katanya.

Ia pun menargetkan kartu tersebut bisa diluncurkan pada tahun 2017 mendatang, sebelum bulan Oktober. Pasalnya, Basuki hanya memiliki waktu hingga bulan Oktober saja sebelum mengakhiri jabatannya sebagai Gubernur.(SP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *