News, Sport and Lifestyle

Pengajian, Membentuk Karakter Pemuda

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Generasi penerus bangsa harus dibina secara berkesinambungan agar ke depan mampu menjadi pemuda yang berguna bagi nusa dan bangsa. Seperti yang dilakukan remaja di Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor, mereka rutin mengadakan pengajian tingkat kelurahan untuk membentuk karakter para pemuda satu bulan sekali.
Bahkan, pemuda di kelurahan tersebut menjadi pelopor ’Pemuda Bersalawat’ yang kini banyak diikuti pemuda di berbagai wilayah Kota Bogor.
Ketua Pengajian Ikatan Remaja Islam Kelurahan Kencana Baharudin mengatakan, saat ini kegiatan para pemuda sulit terkontrol. Hingga akhirnya banyak yang terjerumus dalam pergaulan yang melampaui batas. Dengan dibentuknya pengajian, diharapkan mampu menanggulangi hal negatif yang dilakukan kawula muda. “Pengajian rutin ini diharapkan bisa membentuk karakter para pemuda, agar dalam bergaul selalu mengambil jalan positif,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.
Dengan mengaji, sambung Baharudin, diharapkan mampu menjadikan pemuda sebagai generasi agamis dan tidak keluar dari kaidah ajaran Islam. “Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat dukungan dari tokoh masyarakat,” tuturnya.
Sekadar diketahui, bukan cuma pemuda yang mengadakan pengajian bulanan, kaum ibu pun tak mau kalah. Mereka mengadakan pengajian bulanan setiap Jumat pada minggu terakhir. Sedangkan pengajian bapak-bapak dilakukan di setiap masjid dan musala masing-masing wilayah. (ano/b/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *