News, Sport and Lifestyle

Pengecer Solar Ilegal Beroperasi di Pelabuhan?

METROPOLITAN.ID – Akibat lemahnya pengawasan otoritas pelabuhan dan aparat keamanan, penjualan solar yang diduga ilegal di Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) marak terjadi. Menurut sumber Metropolitan yang namanya enggan dikorankan, aktivitas tersebut sudah berlangsung cukup lama dan beromset cukup besar. “Hampir 100 kapal nelayan jenis diesel sebagian besar kebutuhan solarnya terpenuhi dari pengecer tersebut,” ungkapnya.
Ketika dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala PPNP Rustardi mengaku tidak mengetahuinya. “Kami segera menindaklanjuti informasi ini,” janjinya.  Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, kebutuhan solar per kapal yang hendak melaut sekitar 100-150 liter. Adapun dugaan pemasok solar ke pengecer ditengarai dipasok oknum Anak Buah Kapal (ABK) baik yang transit di pelabuhan atau kapal yang sedang lepas jangkar di sekitar Teluk Palabuhanratu yang tengah melakukan aktivitas bongkar muat.
Sebagaimana diketahui, dalam areal pelabuhan ada tiga tempat pengisian bahan bakar resmi, yaitu Stasiun Pengisian Depo Nelayan (SPDN) yang melayani kapal nelayan jenis diesel rumpon, SPBN yang melayani kapal diesel besar dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBB) terapung yang melayani kapal nelayan besar.(sop/did/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *