SHARE

METROPOLITAN.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, ada empat hal yang perlu diperhatikan generasi muda dalam menanggapi peristiwa terorisme. Hal itu dikemukakan Mendikbud saat menjadi pembina upacara di SMAN 34 Jakarta, Pondok Labu, Jakarta Selatan, kemarin.
Pertama, fokuskan perhatian kepada pihak-pihak yang telah berusaha menjaga keamanan dan keselamatan negara. Mendikbud mengungkapkan, ketika peristiwa terorisme terjadi pada Kamis lalu (14/1), fokus pembicaraan adalah pada kejadian terorisme itu. Padahal, ada pihak-pihak yang menjaga keamanan dengan mengorbankan keselamatan. “Mari kita lihat orang-orang yang menjaga keselamatan dan keamanan kita, seperti TNI, polisi dan tenaga medis. Seringkali kita tidak melihat hal tersebut,” ujarnya.
Sebab, dengan membicarakan perbuatan baik tersebut kita dapat mengapresiasi perbuatan orang lain. Sebagai bangsa Indonesia, kita masih mempunyai stok orang baik. Kedua, timbulkan kemampuan berpikir kritis. “Seringkali mereka yang terlibat kejahatan seperti kemarin akibat tidak berpikir kritis,” tuturnya.
Ketiga, berusaha berpikir kritis terhadap apa yang dihadapi. Namun, bukan sebatas kritis terhadap ideologi. “Kalau ada yang mengajak adik-adik untuk mengikuti kegiatan, berusaha untuk bersikap kritis mengenai dampaknya terhadap adik-adik. Kalau ragu jangan sungkan untuk bertanya kepada guru, orang tua atau pembina sekolah,” jelasnya.
Keempat, tumbuhkan sikap responsif terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di sekitar kita. Sikap responsif itu, menurutnya, berkaitan dengan kewajiban moral untuk membela negara. Ia mengungkapkan, bela negara merupakan tanggung jawab bagi seluruh bangsa Indonesia, bukan sekadar (pihak) yang berseragam. Hal itu dikarenakan pihak yang mengalami kerugian mencakup seluruh bangsa, bukan sekedar kafe atau toko yang mengalami kerugian. “Mari kita responsif membicarakan gejala-gejala yang memungkinkan terjadinya masalah. Bicarakan dengan guru, orang tua dan pihak sekolah,” pungkasnya. (*/ram/run)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY