News, Sport and Lifestyle

PPP Menuju Lompatan Besar

METROPOLITAN.ID – Tanggal 5 Januari adalah hari yang teramat sakral dan penuh makna bagi seluruh kader dan simpatisan PPP. Tepat 43 tahun lalu PPP lahir sebagai partai yang membawa semangat 6 Prinsip perjuangan yaitu prinsip ibadah, kebenaran kejujuran dan keadilan, musyawarah, persamaan persatuan dan kebersamaan, istiqomah dan prinsip amar ma’ruf nahi munkar.
Kini setelah 43 tahun berkiprah dengan berbagai dinamika yang telah dilewati termasuk yang masih terbaru mengenai polemik kepengurusan akibat putusan Menkumham yang nyaris membuat PPP porak poranda. Plus kegaduhan politik yang terus berlangsung pasca Pilpres.
Dalam momentum Peringatan Harlah PPP ke-43 tahun harus mampu melakukan sebuah momentum lompatan besar. Saya optimis lompatan besar di usianya yang ke-43 akan mampu dilakukan. Karena semua proses menuju lompatan besar selalu berhasil dilalui PPP sebagai proses pendewasaan bagi seluruh kader. Pun yang terbaru polemik PPP tidak serta merta membuat kegaduhan di tingkat akar rumput.
Seleksi alam bagi PPP menuju lompatan besar melalui konflik yang telah dilalui semakin merekatkan seluruh kader dalam semangat 6 prinsip perjuangan. Adalah fakta sampai usianya yang kini semakin tua PPP tetap eksis memelihara seluruh kader dalam rumah besar.
Di tengah timbul tenggelamnya partai-partai baru pasca gelombang reformasi, PPP mampu terus eksis dengan pasang surut kiprahnya di tengah masyarakat. Namun semua itu memberi keyakinan akan sebuah proses menuju besar dan dewasa memang butuk waktu. Apalagi saat ini politik tengah mengalami krisis kepercayaan dari seluruh elemen masyarakat.
Padahal peranan partai politik tetap penting bagi masyarakat yang sudah memilih jalan demokrasi untuk merawat dan merajut kehidupan berbangsa. Untuk itu menggelar Harlah dengan sederhana dalam bentuk tasyakuran adalah langkah bijak mundur beberapa langkah menuju lompatan besar menjalankan agenda politik.
Tasyakuran akan dilaksanakan secara serentak dari tingkat pengurus ranting, DPC, DPD, DPW hingga DPP. Tasyakuran adalah bentuk dari sebuah renungan sederhana memaknai perjalanan panjang kiprah PPP selama ini. Lompatan besar akan menjadi agenda PPP menyongsong berbagai agenda politik.
Mari maknai harlah dengan peran dan kontribusi kehidupan berbangsa dan bernegara melalui partai politik. Siapkan diri untuk rela menyepi, menepi dan kadang merasa sunyi di tengah orang ramai yang lebih suka menepuk dada merasa paling banyak berbuat untuk partai.
Dengan sikap bijak seperti. Itu, lompatan besar insya Allah akan dapat dilakukan jika dimulai dari sebuah langkah konsisten. Sekecil apapun tongak yang ditancapkan, akan sangat berarti untuk langkah berikutnya. Melalui tasyakuran yang digelar serentak dengan sedehana namun penuh makna semoga langkah kecil itu akan menjadi perekat seluruh elemen dan kader partai.
Terakhir ada baiknya Harlah bisa menjadi renungan seluruh kader meminjam istilah Bapak Presiden Joko Widodo: Kecewa atas kondisi saat ini satu menit atau dua menit boleh boleh saja. Tapi setelah itu harus mampu bangkit dan kembali siap menghadapi tantangan guna meraih sukses mewujudkan lompatan besar. Selamat Harlah ke-43 majulah PPP, Jayalah Negara Kesatuan Republik Indonesia.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *