News, Sport and Lifestyle

PT Natarang Mining Luncurkan SMKP di Bulan K3 Nasional 2016

METROPOLITAN.ID | KOTAAGUNG — PT Natarang Mining menggelar upacara pembukaan bulan K3 Nasional pada Selasa pagi (12/1/2016) di Way Linggo Project Tanggamus. Pelaksanaan Bulan K3 Nasional ini berdasar pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja No 386 Tahun 2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2015-2019 yang menetapkan pelaksanaan kegiatan tersebut dicanangkan dan dimulai pada setiap tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari.
Peringatan dan pencanangan Bulan K3 Nasional 2016 ini mengambil tema “Melalui penerapan SMK3 kita wujudkan Indonesia berbudaya K3 dalam mengahdapi perdagangan bebas”. Tema ini berdasar pada Keputusan Menaker Republik Indonesia No 386 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2015-2019.
Dalam kesempatan tersebut PT Natarang Mining juga memiliki tujuan untuk launching sekaligus menyosialisasikan sistem manajemen keselamatan pertambangan (SMKP) guna untuk mencegah atau mengurangi kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, dan terjadinya kejadian bahaya lainnya dengan tema “Tancapkan SMKP di Bumi Semuong”.
Hal ini disampaikan Martono selaku Kepala Teknik Tambang (KTT) pada saat menjadi pembina upacara pembukaan Bulan K3 Nasional di PT Natarang Mining Way Linggo Project Tanggamus.
“Dari tema tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada tahun ini pekerja tambang PT Natarang Mining menitikberatkan untuk implementasi SMKP atau sistem manajemen keselamatan pertambangan. Hal itu sejalan dengan amanat Peraturan Menteri ESDM Nomor 38 Tahun 2014 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan,” ujar KTT PT Natarang Mining dalam sambutannya.Martono melanjutkan untuk dapat mencapai hasil kinerja yang baik harus memiliki prinsip safe and good production (produksi yang baik dan aman). “Dengan begitu, kita bekerja keras untuk memberikan profit bagi perusahaan, dan kita kembali kepada keluarga dengan selamat, sehat, dan sejahtera,” ujarnya.
Dia mengungkapkan melalui momen Bulan K3 dan penerapan SMKP ini, semua pihak bisa mewujudkan harapan tersebut. Pihaknya mengajak semuanya membangun budaya keselamatan dalam setiap aktivitas untuk menciptakan PT Natarang Mining yang safe and good production.PT Natarang Mining memiliki visi, misi dan tujuan perusahaan dalam hal pengelolaan setiap aktivitas sesuai dengan standar keselamatan terbaik untuk kepentingan karyawan, kontraktor, maupun para tamu. Komitmen untuk meningkatkan kinerja keselamatan tersebut diwujudkan melalui:

1. Membangun dan menerapkan sistem manajemen keselamatan pertambangan.

2. Melakukan pengelolaan terhadap risiko kritis yang berpotensi menyebabkan cacat permanen, penyakit akibat kerja, dan kematian.

3. Meningkatkan kompetensi tenaga operasional dan teknik melalui pendidikan dan pelatihan yang efektif.

4. Melaksanakan sistem pemeliharaan sarana, prasarana, instalasi dan peralatan pertambangan dengan baik secara berkala untuk menjamin kelayakannya.

5. Memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang keselamatan pertambangan serta persyaratan lainnya yang terkait.

6. Mengikuti dan menerapkan perkembangan teknologi yang tepat guna dalam hal penerapan keselamatan pertambangan.

7. Memastikan seluruh karyawan beserta kontraktor mengerti dan terlibat dalam pengelolaan keselamatan pertambangan.

Manajemen tertinggi PT Natarang Mining secara berkala mengadakan tinjauan dan menerima saran untuk perbaikan terhadap kinerja pengelolaan keselamatan pertambangan pada seluruh aktivitasnya dan memberikan umpan balik serta petunjuk yang diperlukan sebagai langkah nyata upaya peningkatan penerapan sistem manajemen keselamatan pertambangan di PT Natarang Mining.(lmp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *