SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Puluhan Kepala SDN di wilayah Kecamatan Bogor Timur dan Kecamatan Bogor Selatan yang terkena mutasi, mulai diperiksa oleh tim verifikasi dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor di SDN Pajajaran, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, kemarin.
Sekretaris Disdik Kota Bogor Fahrudin mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan atas terjadinya rotasi di kalangan kepala SDN. ”Pemeriksaan ini merupakan hal yang biasa dilakukan, terutama selama mereka menjadi Kepala Sekolah (Kepsek), sehingga laporan mereka dapat dipertanggungjawabkan selama  menjabat sebagai kepsek,” katanya.
Menurutnya, selama menjadi kepsek tapi masih menjabat di tempat yang lain, situasi dan  kondisinya akan terlihat dari siswa, guru, sarana prasarana (sarpras) serta keuangan yang diserahkan kepada kepsek baru. ”Jadi, bidang-bidang yang diperiksa yaitu seperti keuangan, sarpras, inventarisasi dan buku induk siswa. Jadi, pemeriksaan itu hanya untuk bahan bagi kepsek yang akan ditempatkan di salah satu sekolah,” paparnya.
Anehnya, ada beberapa kepsek yang belum juga menerima Surat Keputusan (SK) mutasi dari Wali Kota Bogor. Tim verifikasi Disdik Kota Bogor akan melakukan pemeriksaan terhadap ratusan kepala SDN, baik yang terkena rotasi maupun yang telah dikembalikan menjadi guru dan diberi tugas tambahan sebagai pengawas. Rencananya, pemeriksaan itu akan dilakukan pada 6 Januari di salah satu SDN di wilayah Kecamatan Bogor Barat.
Padahal, SK pemberian tugas tambahan dari Walikota Bogor itu akan dilaksanakan pada 8 Januari di salah satu SDN di Kecamatan Bogor Selatan.
”Ya aneh saja pak, biasanya setelah SK diterima, baru diadakan verifikasi,” tandas sejumlah kepala SDN yang enggan disebutkan namanya kepada Metropolitan.
Mereka juga mempertanyakan penempatan ratusan kepala SDN di Kota Bogor, hal ini diduga sarat dengan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), karena kepsek yang tidak profesional tapi dipromosikan di sekolah yang ’basah’. Bahkan setahun lagi akan pensiun, masih dipromosikan ke sekolah yang harusnya untuk orang bijak. (do/tur/ar/ram/run)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY