Putus Sekolah Akhirnya Jadi Anak Jalanan

by -0 views

METROPOLITAN.ID | CIBINONG – Rendahnya rata-rata lama sekolah Pendidikan Dasar (Dikdas) 9 tahun baru bisa terwujud di 8,04 tahun. Kenyataan itu bisa menjadi batu sandungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menjadi kabupaten termaju di Indonesia.
Predikat Wajar Dikdas 12 tahun pun menjadi tantangan besar dunia pendidikan di Bumi Tegar Beriman.
“Untuk Kecamatan Sukaraja relatif lebih baik dibanding kecamatan lain di Kabupaten Bogor. Angka rata-rata lama sekolah di Sukaraja mencapai 8,91 tahun,” terang Kepala UPT Pendidikan Sukaraja Istiyarto saat menghadiri Minggon Kecamatan Sukaraja, kemarin.
Istiyarto menjelaskan, beberapa program mewujudkan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018 getol diupayakan, sehingga target capaian rata-rata lama sekolah terus meningkat. “Kami ingin mencapai predikat Wajar Dikdas 12 tahun,” jelasnya.
Istiyarto mengaku masih ada warga yang putus sekolah dan memilih menjadi anak jalanan dan pengamen. Sebagian anak yang tak bersekolah juga biasanya karena faktor ekonomi yang rendah. Maka angka putus sekolah merupakan target yang terus ditekankan. “Pelajar yang memilih tidak sekolah dan drop out (dikeluarkan) akan kami usahakan agar berkurang,” tuturnya.
Ia menambahkan, Angka Partisipasi Kasar (APK) di Sukaraja relatif rendah. Sebab, letak kecamatan yang berbatasan dengan Kota Bogor menjadi salah satu penyebab rendahnya APK. “Sebagian warga lebih memilih melanjutkan sekolah ke kota. Kondisi gedung sekolah di Kecamatan Sukaraja belum banyak,” ujarnya.
Sementara itu, Camat Sukaraja Aden Makmuin menilai capaian pada sekor pendidikan di Sukaraja relatif baik, hanya saja memang banyak warga Sukaraja yang sekolah di Kota Bogor. “Benar kita sedang usulkan sekolah baru di Sukaraja. Sedangkan untuk buta huruf sudah jarang, karena bagi yang usia lanjut ada programnya tersendiri melalui kejar paket. Sesuai persyaratan untuk menjadi pegawai desa saja, pendidikannya minimal SMP dan SMA,” ujarnya. (rez/b/dik/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *