SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Setelah merotasi (mengubah posisi, red) dan melantik 236 pejabat eselon II, III dan IV pada Jumat (30/1/2015), kini dalam waktu dekat Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto dikabarkan bakal melakukan hal yang sama. Bima bakal merombak posisi pejabat eselon III dan IV. Hal itu dilakukan Bima untuk meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Bima melihat, ada beberapa PNS yang ada di Kota Bogor belum maksimal. Menurut dia, hal tersebut berdampak kepada pelayanan masyarakat yang kurang baik. Rotasi para PNS tersebut, kata Bima, dilakukan agar kinerja PNS kembali meningkat dan maksimal. “Ini masih banyak PNS yang belum bisa kerja sama tim. Ada pun PNS yang sudah bisa bekerja sama tetapi belum maksimal,” ujar Bima kepada Metropolitan, belum lama ini.
Para PNS yang dirotasi meliputi beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di lingkungan Pemkot Bogor. “Kalau di eselon II kita harus melakukan lelang jabatan, kalau eselon III dan IV harus melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepegawaian (Baperjakat),” terangnya.
Rotasi yang dilakukan Bima untuk menambah sejumlah kekurangan tenaga kerja di beberapa SKPD. Karena dalam 2015 kemarin tidak ada penambahan pegawai di Pemkot Bogor. “Banyak SKPD yang kekurangan pekerja. Maka adanya mutasi PNS ini salah satu cara untuk menambah tenaga kerja di salah satu SKPD,” paparnya.
Sementara itu, Pengamat Hukum dan Pemerintahan dari Universitas Pakuan Raden Mihradi mengatakan, dalam mutasi nanti walikota harus memberi kesempatan kepada PNS yang memiliki kinerja baik. “Secara aturan walikota Bogor memang punya kewenangan melakukan rotasi. Hal itu pun harus mempunyai pertimbangan yang jelas,” katanya.
Walikota Bogor, sambung Mihradi, harus memperhatikan beberapa SKPD yang bekerja kurang maksimal. Seperti Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) yang banyak menjadi sorotan publik terkait kinerjanya. “Dalam rotasi walikota pun bisa mendengarkan aspirasi dari masyarakat. Sehingga mutasi yang dilakukan tepat,” pungkasnya. (mam/b/ram/wan)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY