SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Ratusan siswa dan siswi kelas XI, jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMAN 2 Kota Bogor berangkat ke Jogjakarta dan Semarang, Jawa Tengah. Di sana, para siswa akan mengunjungi Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Diponegoro (Undip) serta sejumlah objek wisata yang ada di sekitar kampus selama empat hari. Tujuannya, selain melihat fakultas-fakultas yang ada di dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu, juga akan menambah wawasan dan keilmuan dengan cara melihat langsung objek wisata yang ada di sekitar Jogjakarta dan Semarang.
Keberangkatannya langsung dilepas Wakil Kepala SMAN 2 Bogor Julmadia di depan Kampus Universitas Terbuka (UT), Jalan Soleh Iskandar, Kecamatan Tanahsareal, Sabtu petang. ”Kegiatan Ini sudah merupakan program kerja SMAN 2 Bogor. Bahkan, dilaksanakan setiap tahun dan para siswa-siswi diawasi para guru serta wali kelas masing-masing,” ujarnya kepada Metropolitan.
Sementara itu, menurut para guru SMAN 2 Bogor, maksud para siswa-siswi kelas XI jurusan MIPA dan IPS berkunjung ke UGM dan Undip, tak lain agar para siswa-siswi dapat mengetahui dari dekat tentang keberadaan fakultas-fakultas dan jurusan yang ada di dua PTN tersebut. ”Diharapkan, bila siswa-siswi sudah mengetahuinya maka akan dapat memilih pilihannya untuk melanjutkan pendidikannya ke PTN,” kata mereka.
Sedangkan, ke objek wisata juga berhubungan dengan mata pelajaran Sejarah, seperti Candi Prambanan, Musium Dirgantara Mandala, Makam Imogiri (makam para Sultan Kerajaan Jogjakarta, red) dan Candi Borobudur, Malioboro. ”Objek wisata itu untuk memperkenalkan kepada siswa khazanah kebudayaan yang dimiliki Indonesia, terutama Provinsi Jogjakarta dan Jawa tengah. ”Harapan saya, degan studi tur ini rasa cinta para siswa-siswi terhadap budaya nasional ini tumbuh di hatinya,” tambah para guru. (ar/tur/ram/run)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY