SHARE

METROPLITAN.ID – Rendahnya kualitas para kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan, menjadi sorotan Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor. Hal itu disebabkan 40 orang yang menjabat kepala UPT sebatas kepala SD. SEKRETARIS Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor Didi Furqon mengatakan, kepala UPT yang baik bisa didapat dari pegawai yang setara dengan kepala SMP hingga SMA. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor sebelum mengangkat kepala UPT harus mencermati latar belakangnya terlebih dulu. “UPT dulu cuma PAUD, TK hingga SD, tapi sekarang sudah sampai SMA,” terangnya.
Didi menjelaskan, dialog dengan masyarakat merupakan tuntutan terpenting yang harus dilakukan seorang kepala UPT Pendidikan. Karena itu, pengalaman yang dimiliki setingkat kepala SMP hingga SMA merupakan kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi Disdik. “Kalau tingkatan kepala sekolah itu berbeda-beda. Kepala UPT juga dituntut mampu bersaing dan kreatif,” jelasnya.
Untuk itu, Didi meminta Disdik Kabupaten Bogor memindahkan semua kepala sekolah dari sekolah yang ada di pusat pemerintahan dengan yang di wilayah. Hal itu agar memudahkan guru meniti jenjang karir menjadi kepala sekolah.
“Harus ada perombakan besar kalau mau mencapai target kabupaten termaju. Apalagi, pendidikan merupakan salah satu indikatornya,” ujarnya.
Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Wasto Sumarno meminta Disdik Kabupaten Bogor dapat mengevaluasi kinerja UPT dan mensinkronkan aturannya. “Jadi nanti akan dievaluasi dulu apakah perlu penyegaran,” katanya singkat. (rez/b/dik/py)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY