SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR — Rumah sakit nonprofit di Parung, Bogor yang dibangun dari dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf), RS. Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa melayani sebanyak 46.805 pasien dhuafa sepanjang tahun 2015.

Direktur RST Dompet Dhuafa Yahmin Setiawan menuturkan, setidaknya ada 12 pelayanan RST Dompet Dhuafa yang bisa dinikmati masyarakat sebagai Rumah Sakit Gratis, seperti poli klinik, Intensive Care Unit (ICU), hemodialisa (layanan cuci darah), kamar operasi, radiologi, fisioterapi, dan apotek.

Seiring era BPJS Kesehatan yang berjalan di tahun 2014, RST Dompet Dhuafa pun turut menjadi provider bersinergi dengan program kesehatan pemerintah tersebut. RST Dompet Dhuafa telah menetapkan seluruh ruang dan tempat tidur rawat inapnya sebagai kelas 3 pada kepesertaan BPJS Kesehatan.

Untitled-15

“Sinergi RST Dompet Dhuafa bersama BPJS Kesehatan merupakan salah satu bagian dari bentuk sinergi untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada umat,” ujar Yahmin Setiawan, Selasa (12/1) di Bogor.

RST Dompet Dhuafa terus memperbaiki dan mengembangkan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang ada. Bentuk program kesehatan selain pengobatan (kuratif dan rehabilitatif) yaitu promosi kesehatan (promotif dan preventif) akan semakin lebih kuat dan luas dilakukan oleh RS RST Dompet Dhuafa dengan bersinergi bersama Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa di Era BPJS Kesehatan ini.

“Ini adalah bentuk pengembangan program kesehatan yang kami ikhtiarkan, berharap memberikan manfaat yang besar untuk menyehatkan masyarakat, terlebih bagi kaum dhuafa,” ungkapnya.

Setelah meresmikan Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) pada 2001 silam, Dompet Dhuafa mendirikan RST Dompet Dhuafa sebagai layanan kesehatan tingkat rujukan yang memberikan pelayanan kesehatan sekelas rumah sakit pada 4 Juli 2012. Rumah sakit gratis yang diperuntukkan bagi kaum dhuafa ini merupakan model rumah penyembuhan yang memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma bagi kaum dhuafa dengan pendekatan kehangatan keluarga, ketepatan waktu, professional dan sentuhan hati.

RST Dompet Dhuafa dibangun dengan dana wakaf serta untuk biaya operasionalnya menggunakan dana zakat, infak, dan sedekah. Dengan hadirnya RST Dompet Dhuafa ini, diharapkan dapat terus melayani dan membantu serta menjaga kesehatan masyarakat khususnya kaum dhuafa.

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY