News, Sport and Lifestyle

Russky, Jembatan Kebanggaan Rusia

METROPOLITAN.ID | RUSIA — Sepanjang sejarah peradaban dunia, jembatan pada umumnya dibangun untuk menghubungkan jalan, maupun antarwilayah yang terhalang oleh perairan. Tak hanya itu, jembatan juga ditujukan untuk mengatasi jalur yang sulit dilewati dengan jalan biasa.
Namun, di Rusia jembatan juga menjadi kesempatan untuk menunjukan kebanggan di suatu wilayah atas kemakmuran ekonomi mereka. Jembatan ini bernama Russky yang terletak di Kota Vladivostok.
Jembatan ini tepatnya terletak di lepas pantai kota, Teluk Peter, sekaligus selat sempit Boshporus Timur. Russky menghubungkan sebuah pulau berhutan lebat di wilayah Vladivostok itu ke arah pusat kota.
Selama era Uni Soviet, pulau ini berfungsi penting sebagai markas militer. Dalam 150 tahun terakhir, Rusia memegang berbagai unit militer di berbagai wilayah negara dan tempat ini adalah salah satunya. Karena itu, penduduk di Vladivostok sendiri harus mendapat izin khusus untuk berkunjung ke sana.
Namun, setelah jembatan selesai dibangun dan diresmikan pada Juli 2012, pulau ini dibuka untuk umum. Jembatan yang ada ini begitu megah. Memiliki panjang 1885 meter serta ditangguhkan dengan kabel tebal sebagai penyangga sepanjang 1104 meter. Tali penyangga ini disebut yang terpanjang di dunia, mengalahkan jembatan Sutong di Cina yang hanya berukuran 16 meter.
Selain sebagai bukti kedudukan ekonomi Rusia, Jembatan Russky juga dibangun untuk menyambut Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) yang berlangsung September 2012 lalu di pulau. Rencananya, kini pulau yang terhubung dengan jembatan ini juga dikembangkan menjadi resor besar, guna menarik lebih banyak wisatawan dari seluruh dunia.(REP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *