News, Sport and Lifestyle

Sabar Hadapi Istri, Ini Balasan untuk Suami

METROPOLITAN.ID – Abu Hurairah RA mengabarkan, Rasulullah SAW bersabda, ”Janganlah seorang Mukmin membenci seorang Mukminah. Jika ia tidak suka satu tabiat/perangainya, maka (bisa jadi) ia ridha (senang) dengan tabiat/perangainya yang lain.” (HR Muslim).
Secara tegas Alquran memerintahkan kepada para laki-laki (suami) untuk tetap menghiasi diri dengan sifat sabar dalam menghadapi perangai istri. ”Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan, bergaulah dengan mereka secara patut. Kemudian, bila kamu tidak menyukai mereka (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (QS an-Nisa [4]: 19).
Dengan bersabar terhadap segala perangai, tabiat, kekurangan dan keterbatasan istri, maka pasti akan ada kebaikan setelahnya karena Allah akan memberi pahala kepada orang yang sabar dan tidak pemarah.
Oleh karena itu, sepasang suami-istri hendaknya senantiasa memelihara bahtera rumah tangga dengan saling memperbaiki kesalahan masing-masing, saling memberi nasihat-menasihati dalam hal kebenaran dan kesabaran serta memelihara harmonisasi di antara keduanya. (rep/er/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *