SHARE

METROPOLITAN.ID | JAKARTA – Samsung baru saja mengumumkan generasi terbaru dari TV pintarnya, yakni Tizen smart TV, yang diklaim sulit diretas.
Untuk menjamin hal tersebut, perusahaan asal Korea Selatan tersebut membuat sistem keamanan baru yang diberi nama Gaia. Nantinya, Gaia akan memiliki fungsi layaknya Knox — sistem operasi Samsung untuk segmen korporasi.
Mengutip informasi dari laman Engadget, Sabtu (2/1/2016), Tizen smart TV akan dibekali dengan beberapa fitur baru untuk menjamin keamanannya.
Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah pin untuk mengunci informasi kartu kredit pengguna, enkripsi data yang terkirim, serta sistem anti-malware yang sudah langsung disertakan.
Sebagai tambahan, Tizen smart TV akan dikirim dengan chip enkripsi fisik yang dibuat untuk menyulitkan orang lain mengakses mikfofon ataupun webcam yang ada di TV. Isu keamanan TV pintar memang sedang menjadi perhatian banyak pihak dalam beberapa waktu terakhir. Sebab, diketahui bahwa banyak perusahaan TV pintar tidak memiliki validasi keamanan terkait serveryang diisi informasi pribadi pengguna.(liputan6)
Dengan demikian, sangat mudah bagihacker untuk melacak kebiasaan pengguna ketika menonton TV pintar, termasuk menonton TV secara langsung. Hal ini yang ditakutkan berpotensi menjadi informasi yang akan disalahgunakan pihak tertentu.
Langkah Samsung sendiri dengan menghadirkan produk TV pintar disebut sebagai sebuah taruhan besar. Sebab, tidak tertutup kemungkinan jika sukes di pasaran, penjualan TV pintar dapat membantu peningkatan pendapatan Samsung.

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY