News, Sport and Lifestyle

Satpol PP Babat Ratusan Bangli

METROPOLITAN.ID | TANGSEL – Sepanjang tahun 2015, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penertiban bangunan liar (bangli) di beberapa titik. Diharapkan tahun 2016 tak lagi ada bangli yang berdiri sembarangan.
Kabid Penertiban Saran Umum dan Usaha, Satpol PP Tangsel Mumu Muniardi menjelaskan, penertiban bangli itu dilakukan karena sudah menyalahi aturan, misalkan di arena fasos fasum pinggir jalan utama dan di atas trotoar. Di antaranya ada di Jalan Siliwangi, Ciater, Pamulang dua dan dekat Taman Makam Pahlawan sebanyak 200-an.
“Penertiban dilakukan agar rapi di pinggir jalan utama banyak bangunan liar. Walaupun mereka mencari nafkah namun ada aturan yang harus dipatuhi,” katanya.
Meski begitu, Satpol PP sendiri dalam melakukan tugas selalu mengedepankan tindakan prefentif, yakni melayangkan surat terlebih dahulu berkali-kali. Ketika sudah dilayangkan surat berkali-kali tidak dilakukan baru petugas turun.
Tapi yang lebih penting, kata dia, pembinaan itu harus dilakukan agar mereka tak lagi mendirikan bangli sembarangan. “Selain pembongkaran pembinaan itu juga sangat penting sehingga mereka juga sadar bahwa yang dilakukan selama ini salah,” imbuhnya.
Satpol PP sendiri dalam penertiban bangli harus ada kerja sama yang baik dengan dinas terkait. Bagaiman saat bangli sudah ditertibkan mereka tak lagi mendirikan di tempat yang sama. Artinya, dinas terkait harus melakukan gerak cepat, entah itu untuk taman atau pelebaran jalan.
“Khawatirnya penertiban selesai tapi tidak ditindaklanjuti maka mereka berpeluang atau berpotensi membangun kembali. Ini yang sulit dan menjadi catatan penting,” paparnya.
Kepala Satpol PP, Azhar Samun me­ngatakan, sebagai petugas penegak aturan wajib menertibkan bagi mereka yang melanggar. Aturan dibuat wajib diterapkan sebagai pengatur masyarakat secara keseluruhan. Jika ada aturan tapi tidak ditegakkan maka percuma.(ded/sal/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *