News, Sport and Lifestyle

Sebesar Rp1,4 Triliun Berhasil Dilelang

METROPOLITAN.ID | CIBINONG – Lima belas proyek dari 1.263 paket pengerjaan pada 2015 mengalami gagal lelang. Sebanyak 98 persen di antaranya atau setara dengan Rp1,4 triliun berhasil dilelang Kantor Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (KLPBJ) Kabupaten Bogor.
Kepala KLPBJ Kabupaten Bogor Hendrik Suherman mengatakan, dari anggaran Rp1,8 triliun untuk 1.263 proyek pengadaan barang dan jasa, 98 persennya berhasil terserap. ”Gagal lelang sendiri diakibatkan keterbatasan waktu dan ketidaklengkapan dokumen lelang. Sedangkan 1.263 dari proyek yang harus dilelang, sebanyak 1.248 proyek atau setara Rp1,4 triliun berhasil dilelang. Sedangkan sisanya 15 paket lagi,” kata Hendrik.
Sebagian dari 15 proyek gagal lelang tersebut bakal dilelang kembali pada awal Januari 2016 dan sisanya tidak dilelang karena ada perubahan perencanaan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
”Pembangunan ruang rawat inap RSUD Ciawi, proyek Jalan Bojonggede Parung, proyek IV Stadion Pakansari serta gedung DPRD akan dilelang awal bulan ini. Sementara lelang GOR Laga Satria dan Laga Tangkas tidak diadakan, karena ada perubahan rencana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora),” terangnya.
KLPBJ juga akan menyosialisasikan kepada SKPD dan kecamatan agar proyek di atas Rp10 miliar secepatnya dilelang. ”Proyek lelang 2016 mulai dilelang Desember lalu. Dengan dimajukannya proyek besar yang memakan waktu enam bulan pengerjaan, diharapkan serapan anggaran lebih maksimal,” jelasnya.
Pria yang juga menjabat sebagai ketua umum Persatuan Olahraga Basket Indonesia (Perbasi) Kabupaten Bogor ini melanjutkan, tahun ini KLPBJ juga akan memilih tiga pemenang lelang dalam setiap proyeknya sebagai solusi permasalahan keterlambatan proses lelang. ”Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 4 Tahun 2015, maka SKPD tinggal memilih tiga pemenang lelang. Jika pemenang lelang utama mundur, selanjutnya pemenang pertama atau pemenang kedua,” ujarnya. (hi/dik/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *