News, Sport and Lifestyle

Selamat Jalan Budi Anduk

Budi Anduk

METROPOLITAN.ID – Innalillahi wa Innailahi rojiun. Kabar duka menyelimuti jagat hiburan setelah kepergian pelawak Budi Anduk. Sang komedian yang pertama kali muncul di acara Ngelaba bareng Akrie, Parto dan Eko itu akhirnya menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Dharmais, Grogol, Jakarta.
Panelis acara ILK (Indonesia Lawak Klub), Maman Suherman melalui akun Twitter-nya. ”Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Turut berduka atas wafatnya sahabat kami, anggota @PP_PasKI Budi Anduk,” tulis Maman.
Kabarnya, penyakit tumor dan kanker telah menggerogoti tubuh Budi Anduk hingga kondisinya terus melemah sejak empat bulan terakhir. Selama tiga hari, Budi sempat menjalani perawatan di rumah sakit guna penyembuhan. Namun, Allah telah mengambilnya terlebih dahulu. Nyawa sang pelawak berambut kribo itu tak tertolong lagi.
Namun, sebelum pergi ke pangkuan Ilahi, Budi punya rencana membeli sebidang tanah di Bogor. Hal ini diungkapkan salah satu komedian yang dekat dengan almarhum, Azis Gagap. ”Waktu itu dia masih sehat. Dia bicara soal mau beli tanah di Bogor,” kata Azis.
Sementara itu, tangis haru mewarnai kepergian Budi Anduk. Rumah duka almarhum Budi Anduk di Jalan Inkaso Nomor 3, Jatiwaringin, Bekasi, dibanjiri pelayat. Istrinya, Neneng Nurhayati yang mengenakan busana kuning masih meratapi kehilangan suami. Dengan bersandar di dinding ruang pemandian jenazah, sang istri terlihat sesenggukan. Ia juga belum bisa diajak bicara. Jenazah Budi Anduk dikebumikan di TPU Kampung Kemang, Pondok Gede, Jakarta Timur. Dekat pusara almarhumah sang ibunda.
Dari informasi yang dihimpun, Budi dikabarkan mengidap penyakit kanker dan tumor. Ada benjolan di dagu komedian Budi Anduk sebelum meninggal. Menurut sahabat yang membantu karier sang pelawak sejak awal, Parto ’Patrio’, Budi memiliki riwayat penyakit kanker. Tak hanya itu, bintang serial ’Tawa Sutra’ itu juga terkena tumor.
”Budi menderita penyakit kanker, penyakit sudah lama. Awalnya pulang kampung Lebaran dadanya sesak, didiagnosa ada cairan dalam paru-parunya, kerendam. Istri bilang sempat disedot di dokter tapi nggak tuntas, terus Budi minta dicabut tapi dokter nggak terima. Akhirnya bikin surat pulang atas permintaan sendiri, didiagnosa ada tumor juga,” papar Parto di RS Dharmais, Jakarta Barat, kemarin.
Menurut dia, Budi tak pernah mau berurusan dengan dokter dan rumah sakit. Pelawak bernama asli Budi Prihatin itu kerap mempercayakan kesehatannya ke pengobatan alternatif. ”Dari Lebaran sampai sekarang dia memilih pakai pengobatan alternatif. Saya tahunya dari manajer Budi, dia kasih tahu fotonya sudah dalam kondisi parah, Budi nggak mau dibawa ke rumah sakit. Saya inisiatif bawa mobil ambulans pada Kamis malam, saya minta Budi dibawa ke rumah sakit,” urainya.
Parto sendiri sudah menasihati Budi untuk mau dibawa ke rumah sakit saat penyakitnya itu semakin parah. Namun, rayuan Parto kerap ditolak sang rekan. ”Saya bilang ’boleh kalau mau alternatif, tapi cobalah medis’, saya paksa. Budi tetap nggak mau,” terangnya.
Budi dan Parto memang sudah dekat sejak awal. Budi adalah asisten dari grup yang dipunggawai Eko, Parto dan Akrie sejak awal dibangun. Karier Budi moncer sejak diajak Patrio mengisi acara ’Ngelaba’ sebagai bintang tamu. Setelah itu, ia pun semakin dikenal sebagai komedian dan memiliki acaranya sendiri.
Yang paling terkenal, Budi membintangi serial ’Tawa Sutra’ ANTV bersama Arie Untung, mendiang Ade Namnung, Sabrina Kono, Stanley Agustaf dan lainnya. (de/feb/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *