SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Puluhan siswa SMAN 2 Bogor dilatih tata cara penulisan karya ilmiah di aula sekolah, Jalan Keranji, Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanahsareal. Tujuannya agar para siswa mampu menulis karya ilmiah dengan baik dan sempurna.Sebab, hal tersebut merupakan salah satu aset penting pemerintah. Namun, untuk menghasilkan produk dari hasil meneliti tersebut diperlukan proses belajar. ”Kegiatan itu kami lakukan tak lain untuk menjawab tantangan, makanya kami  melakukan workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang diikuti 30 siswa dari unsur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan ekstrakurikuler KIR, baru-baru ini,” ujar Kepala SMAN 2 Bogor Surya Setiamulyana kepada Metropolitan, kemarin.
Pihak sekolah telah menyiapkan sejumlah pembicara berpengalaman untuk menyampaikan materi penting dalam penulisan karya tulis, seperti Tedi Kusnadi dari Dinas Pendidikan (Disdik). Ia memberi materi mengenai kebijakan dan dukungan bagi sekolah yang peserta didiknya ingin melakukan penelitian karya ilmiah.
Kemudian, lanjut Surya, pihaknya juga menghadirkan pengawas SMAN 2 Bogor Rahmat mengungkapkan, hal ini guna memberikan materi mengenai berpikir ilmiah. ”Sebagai kelanjutan dari workshop, diisi pula dengan tiga pemateri lain, yaitu Rr Sri Eko Harlah dengan materi mengenai penelitian eksperimen untuk penelitian IPA secara maraton, serta Annetha Novika Adnan, S. Sos dengan materi mengenai penelitian sosial. Bahkan, para guru bahasa Indonesia yang berpengalaman juga dilibatkan untuk mengisi ketatabahasaan dalam menyusun karya ilmiah,” pungkasnya. (tur/ar/februn)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY