News, Sport and Lifestyle

Sudah Aman, Kebun Raya Bogor Kembali Dibuka

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Bogor-LIPI, Jawa Barat, telah dibuka kembali untuk umum, Jumat (15/1). Pengunjung dan petugas operasional sudah beraktivitas normal seperti biasa. Pagi kemarin sudah terlihat pengunjung yang datang berolahraga dan berwisata bersama keluarga. ”Sejak pagi pukul 08:00 WIB Kebun Raya Bogor sudah boleh dibuka, aktivitas kembali normal, karyawan bertugas seperti biasa,” kata Kepala Bagian Tata Usaha PKT Kebun Raya Bogor-LIPI, Ace Subarna.
Ace mengatakan, situasi di Kebun Raya Bogor sudah kembali normal, meski masih ada petugas keamanan dari TNI/Polri dan Paspampres yang berjaga-jaga di titik-titik tertentu di dalam kebun raya. ”Sudah normal, pagi ini (kemarin, red) sudah ada yang berkunjung, ada yang lari, ada juga yang liburan rombongan keluarga dan aktivitas penelitian,” katanya.
Ia mengatakan telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan keamanan setempat terkait dibukanya layanan kebun raya untuk pengunjung. Sesuai instruksi dan izin dari pihak keamanan, manajemen membuka layanan kepada masyarakat yang ingin berkunjung ke Kebun Raya Bogor. ”Sudah koordinasi dengan pihak kepolisian, situasi masih terkendali, jadi kita dibolehkan membuka pelayanan. Kecuali jika ada permintaan lagi untuk penutupan, kami siap melaksanakan,” katanya.
Meski operasional Kebun Raya Bogor sudah kembali dibuka , manajemen PKT meminta petugas dan seluruh karyawan meningkatkan kehati-hatiannya dan memberi pelayanan maksimal kepada masyarakat. Pasca ledakan bom di Sarinah, Jakarta, status keamanan Kota Bogor menjadi siaga. Operasional Kebun Raya Bogor sempat ditutup sementara. Langkah tersebut dilakukan sebagai antisipasi teror, mengingat Kebun Raya Bogor berada di zona satu objek vital negara. (reo/ram/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *