News, Sport and Lifestyle

TPS di Tangsel Sumber Penyakit DBD

Satu Petugas Meninggal

METROPOLITAN.ID | TANGSEL – Kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitar menjadi kunci penanggulangan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Intervensi pemerintah daerah akan sia-sia tanpa ada kesadaran masyarakat dalam memberantas sarang nyamuk.
Faktanya, berdasarkan hasil observasi Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah, keberadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) harus diwaspadai. Sebab, lokasi itu merupakan tempat berkembang biaknya nyamuk DBD. Bahkan, pada 2014 lalu seorang petugas TPS Serua Sehat di Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat, meninggal dunia akibat sengatan nyamuk tersebut.
“Nyamuk aedes aegypty ini banyak ditemukan pada tumpukan sampah botol atau gelas plastik yang ada di sekitar rumah warga dan TPS,” kata mahasiswi Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Ifa Syifaurrohmah. Meski sudah ada korban jiwa, sambung mahasiswi semester V ini, TPS Serua Sehat tetap tidak terawat. Ia menilai TPS tersebut satu dari beberapa TPS di Kota Tangsel yang bermasalah. “Pemkot Tangsel seharusnya menggalakkan pembangunan TPS3R yang berfungsi sebagai tempat pembuangan dan pengelolaan sampah sementara. Tapi, apa yang terjadi permasalahan itu di antaranya masih terdapat TPS aktif yang menanggulangi sampah dengan pembakaran,” ujarnya.
Saat observasi, lanjut Ifa, pihaknya menemukan masih banyak penumpukan sampah, alat pengelolaan kompos banyak yang rusak dan ada TPS yang sudah tidak layak secara fisik untuk dijadikan lokasi pembuangan. “Fakta-fakta itu banyak kami temukan di lapangan,” tegasnya.
Ifa mengungkapkan, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) mengaku telah melakukan pengawasan dua bulan sekali terhadap TPS3R. Namun, dari hasil observasi, 80 persen pengakuan petugas TPS 3R se-Kota Tangsel mengaku tidak dilakukan monitoring atau pengawasan oleh dinas terkait. Untuk itu, pihaknya meminta Pemkot Tangsel melakukan pengawasan TPS sesuai Perda Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengawasan. “Minimal enam bulan sekali mengawasi di TPS dan TPA,” tegasnya.(ded/ram/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *