SHARE

METROPOLITAN.ID – Sebuah studi baru mengklaim bahwa latihan yang berlebihan dapat membunuh kadar testosteron Anda. Bahkan, efek dari satu hari latihan yang berlebihan bisa berlangsung 3-4 hari menurut penelitian ini.
Terlepas dari apa pun latihan Anda, bahaya dari latihan berlebihan dapat membahayakan otot Anda. Hal ini berlaku untuk olahraga angkat beban dan lari.
Meskipun olahraga memiliki banyak manfaat dalam jangka panjang termasuk kadar testosteron yang lebih baik, namun jika berlebihan tentu Anda tak akan merasakan manfaatnya.
Untuk menghindari olahraga berlebihan, diperlukan beberapa cara. Berikut cara memperbaiki agar tidak olahraga berlebihan, seperti dilansir laman Boldsky.

Lakukan sesuatu yang berbeda
Latihan yang terlalu intens akan membuat Anda sakit, cobalah melakukan hal yang berbeda dan lebih ringan. Selain itu, jangan bebani tubuh Anda dengan terlalu banyak berolahraga.

Jangan berolahraga terlalu lama
Jaga waktu olahraga Anda lebih singkat daripada membuatnya lebih lama. Hal ini dapat menghindari Anda dari cedera dan tentunya membuat tubuh Anda lebih sehat. Konsultasikan waktu olahraga Anda dengan pelatih di pusat kebugaran dan pahami kapasitas dan batas tubuh Anda ketika berolahraga.

Lelah
Kelelahan adalah cara tubuh Anda mengatakan bahwa itu cukup. Jika Anda mendapat sinyal lelah, usahakan memperlambat olahraga Anda atau bila perlu berhenti.

Berikan waktu untuk pemulihan
Namun, jika Anda merasa terlalu sakit setelah latihan, tunggu sampai Anda pulih sebelum melakukan olahraga berikutnya atau sampai tubuh Anda merasa baikan. (vin/ram/wan)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY