News, Sport and Lifestyle

Tularkan Ilmu lewat Mengajar di Balai Kerja

Kisah Wina, Ahli Totok Wajah (habis)

METROPOLITAN.ID – Demi mewujudkan impiannya, Winahyu memutuskan terbang ke Thailand untuk kursus facial totok wajah di WATPO Tradisional Massage School. Pada 2011 silam, ia belajar di Gajah Putih tersebut. Meski hanya seminggu, banyak pengalaman berharga yang mendukung keahliannya. Hingga kini, Wina pun dipercaya menjadi pengajar di sebuah balai
kerja di Kota Bogor.
Sebagai lulusan dan penerima sertifikat WATPO, Wina mampu  melebarkan usaha salonnya. Apalagi saat itu salon kecantikannya yang telah dirintis dirundung masalah. Salonnya terpaksa ditutup akibat uang sewa yang mahal. “Setelah itu, saya jadi lebih fokus sama salon saya. Nama Mediana itu diambil dari nama anak perempuan saya satu-satunya,” papar Wina.
Dalam mengembangkan usaha salon totok wajahnya, Wina sempat mengalami kendala ketika salonnya sepi pengunjung. Sehingga berdampak pada pemasukan kebutuhannya yang harus membiayai keempat anaknya sekolah. Kendala tersebut tak membuatnya lantas berputus asa. Wina malah semakin bersemangat dengan meluaskan jaringan pertemanannya. “Saya ikut arisan, komunitas, pengajian dan kegiatan lainnya sebagai cara promosi yang paling efektif,” tuturnya.
Usaha dan kerja kerasnya pun berbuah manis. Selain menjadi pebisnis, ia juga aktif menjadi trainer di LPK Kirana dan sebagai tenaga pendidik Dinas Pendidikan Kota Bogor. Banyak pula beberapa temannya yang seprofesi meminta Wina mengelola salonnya. “Sebagai wanita dalam keadaan apa pun harus bisa fight terus, jangan menyerah. Kalau ada kemauan pasti apa pun itu bisa dilakukan,” pungkas Wina. (fla/c/feb/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *