News, Sport and Lifestyle

UMKM Desa Cibanteng Patut Diacungkan Jempol

METROPOLITAN.IDKetua Satu UMKM Desa Cibanteng, Ibu Noval mengatakan, kegiatan tersebut menambah penghasilan bagi para anggotanya. Bahkan, hal itu sudah menjadi rutinitas, karena beberapa jenis produk telah memiliki konsumen tetap. “Seperti jenis kuliner, hampir setiap hari produksi, sebab kami menerima pesanan juga,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.
Untuk kerajinan tangan, kata dia, pihaknya menghasilkan hiasan dalam rumah yang terbuat dari barang-barang daur ulang. “Bunga-bungaan, dan tempat minum yang tadinya biasa, kami ubah menjadi sedikit menarik. Untuk menjual, kami baru mengikuti pameran-pameran,” katanya.
Sementara itu, Ketua Pembibitan Podaya Alam, M Sanusi mengatakan, pihaknya mengembangkan beberapa jenis bibit tanaman. Seperti bibit sengon dan beberapa jenis tanaman lainnya. “Bibit ini, kami sudah memiliki pelanggan, jadi kami hanya merawat pembibitan,” terangnya.
Tidak hanya itu, untuk benih lele, pihaknya menyediakan bibit yang terbagi menjadi beberapa ukuran. Biasanya, kata dia, para pelaku UMKM bibit lele, menjual benih setelah berukuran 1-2 cm. “Umurnya biasanya 3 minggu, kami sudah bisa melepas ke petani lele untuk dibesarkan,” pungkasnya. (ano/b/sal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *