News, Sport and Lifestyle

Waduh! 850 Personel Polres Diperiksa

METROPOLITAN.ID | CIBINONG – Ratusan anggota berseragam cokelat mengantre di Aula Devia Cita Polres Bogor, kemarin. Mereka tengah menunggu giliran untuk mengecek kesehatan masing-masing.
Cek tersebut meliputi cek darah, fungsi hati, fungsi ginjal, jantung, kolesterol, gula, asam aurat, THT, gigi, mata, rontgen hingga tes urine. Sedikitnya ada 850 personel yang wajib melakukan pemeriksaan rutin. Termasuk seluruh anggota polsek yang tersebar di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor.
Kepala Urusan (Paur) Polres Bogor Elynda Vidiyana Ekawati mengatakan, kegiatan tahunan yang rutin dilakukan Polres Bogor dan Dokes Polda Jabar itu dilakukan dua hari sejak Selasa (19/1) hingga kemarin. “Hari pertama tes tersebut diikuti 364 anggota dan hari kedua 486 anggota. Total ada 850 anggota yang mengikuti pemeriksaan,” ujarnya.
Selain tes kesehatan fisik, sambung dia, petugas juga melakukan pengecekan mental. Pengecekan tersebut untuk mengetahui sejauhmana kesehatan mental para anggota. Sebab, bagi anggota kepolisian, kesehatan mental merupakan hal penting dalam melaksanakan tugas sehari-hari. ”Sebagai anggota polri, semua harus memiliki mental yang sehat dan kuat agar bisa menjalankan tugas dengan baik dan benar,” terangnya.
Jika ada anggota yang terindikasi kelainan jantung dan penyakit berat lainnya, Elynda bakal merujuknya ke rumah sakit terdekat untuk ditangani secara tepat.
Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan urine untuk mengetahui apakah ada anggota yang terindikasi mengonsumsi narkoba. “Dari hasil pemeriksaan, kami bisa tahu sejauhmana tingkat kedisiplinan anggota,” pungkasnya. (fin/b/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *