SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Saat ini, banyak desa berlomba-lomba mengedepankan pelayanan kesehatan masyarakat. Dengan membentuk Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) serta organisasi kesehatan masyarakat lainnya.
Hal itu demi terciptanya masyarakat yang sehat dan dapat mengontrol perkembangan kesehatan warga. Salah satu desa yang menjalankan program tersebut yakni Desa Cibanteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.
Koordinator Posyandu Desa Cibanteng, Uni mengatakan, setiap hari petugas pelayanan kesehatan desa selalu menjalankan aktivitasnya. Rabu digunakan untuk Poskesdes yang melayani kesehatan warga dari semua umur. “Kegiatan ini ada petugas bidan puskesmas dan dibantu kader posyandu. Karena para kader posyandu sudah dilatih, khususnya untuk obat-obatan,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.
Kegiatan posyandu untuk penyuluhan dan senam ibu hamil dilakukan pada Selasa, sementara khusus untuk menangani anak balita dijadwalkan pada Kamis. “Balita yang mengikuti kegiatan ini berumur 1-5 tahun, kami memiliki materi belajar sambil bermain,” terangnya lagi.
Sementara untuk kegiatan rutin posyandu, dilaksanakan pada Senin, Jumat dan Sabtu. Setiap berkegiatan selalu diberikan makanan tambahan bagi anak balita. “Hampir setiap hari kami memiliki kegiatan. Karena memang kami memiliki pertugas khusus untuk program ini,” ujarnya.
Untuk seluruh kegiatan program kesehatan tersebut, kata dia, pihaknya hanya melayani penyakit ringan. “Bagi yang memiliki sakit berat, kami merujuknya ke puskesmas yang nanti dirujuk ke rumah sakit,” pungkasnya. (ano/b/sal/wan)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY