News, Sport and Lifestyle

Walhi Desak Polisi Tangkap Bandar Merkuri di Nanggung

METROPOLITAN.ID| NANGGUNG-Peredaran mercuri yang begitu bebas di kawasan Nanggung, Kabupaten Bogor, membuat Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Provinsi Jawa Barat Dadan Ramdan, mendesak pihak Kepolisian khususnya Polres Bogor untuk terus mengungkap pelaku-pelaku penjualan bahan kimia tersebut.
“Bahaya dari kimia jenis merkuri, atau sianida ini cukup besar bagi kesehatan manusia, dan lingkungan, kepolisian harus segera menangkap bandar mercury yang sudah merusak alam,” ujar Dadan, kemarin.
Ia menjelaskan, penggunaan bahan kimia merkuri, sekarang sudah dijual secara bebas dipasaran, tanpa adanya pengendalian dari pihak Kepolisian, serta Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Sementara kimia ini sangat berbahaya bagi manusia, tanah, air dan lain-lainnya.
“Itu sebabnya saya mendesak pihak dari Polres Bogor, untuk terus membongkar peredaran bahan-bahan kimia ini apalagi dijual bebas tanpa memiliki izin resmi,”kata dia
Ia menjelaskan, Polres Bogor, jangan berhanti sebelum membongkar peredaran merkuri yang dijual tanpa izin di wilayah Kabupaten Bogor, karena dari beberapa wilayah yang sudah kita jalani, bahan kimia itu dijual secara bebas, tanpa ada pengendalian yang jelas. Karena selama ini salahnya adalah minimnya tindakan maupun pengawasan terhadap peredaraan merkuri ini, baik dari Kementrian Lingkungan Hidup, maupun Pemda setempat.
“Saya minta pihak kepolisian jangan hanya kepada masyarakatnya saja, melainkan juga terhadap penjualannya, jika perlu ditangkap penjualnya, karena sudah menjual bahan kimia tanpa memiliki izin resmi, dan harus bersertifikat,”desaknya.(ads/b/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *