News, Sport and Lifestyle

Warga Ancam Ontrog Proyek Bocimi

METROPOLITAN.ID | CARINGIN – Warga RW 02 Kampung Bojongkoneng, Desa Ciherangpondok, Kecamatan Caringin, mengeluhkan kondisi jalan ke wilayahnya yang kini rusak akibat truk pengangkut dan alat berat megaproyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Proyek ini dikerjakan PT Posco Kontraktor Utama (main contractor), serta dua subkontraktor lainnya yakni PT PIM dan PT Jamrud Bintang Asia.
Warga mengaku kerap mengeluhkan hal tersebut kepada pihak kontraktor melalui musyawarah yang difasilitasi pemerintah desa serta Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) setempat. Namun, upaya itu tak membuahkan hasil hingga warga pun dibuat kesal dan mengancam akan melakukan aksi demo ke pihak kontraktor agar memenuhi tuntutan warga.
Warga setempat Undang Sunarwan mengatakan, sebelumnya jalan tersebut dalam kondisi baik karena jarang dilewati truk-truk bermuatan berat.
“Sebelum jalan ini dilalui truk dan alat berat proyek, kondisinya mulus. Namun, kini rusak parah,” keluhnya kepada Metropolian, kemarin.
Menurutnya, meski mediasi kerap dilakukan tapi hingga kini tak satu pun tuntutan warga dipenuhi. “Jangan mentang-mentang proyek pemerintah lalu seenaknya mengabaikan kepentingan khalayak umum,” tegasnya.
Sementara itu, Tokoh Masyarakat Ciherang Pondok Saprudin Jepri mengatakan, permasalahan ini dikhawatirkan dapat memicu gejolak warga. Ia juga berharap akan ada mediasi ulang yang dihadiri seluruh pihak. “Ada empat hal yang menjadi tuntutan warga dan semuanya siap dipenuhi pihak kontraktor,” paparnya.
Ia menambahkan, jalan tersebut merupakan satu-satunya akses utama warga di enam wilayah RW 02, Desa Bojongkoneng dalam beraktivitas.
“Saya rasa wajar saja jika kesal dengan hal ini. Sebab, mereka tahu persis seperti apa proses pembangunan jalan ini sejak awal,” pungkasnya. (ash/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *