News, Sport and Lifestyle

Warga Bantarjaya Keluhkan Sampah di Irigasi

METROPOLITAN.ID | RANCABUNGUR – Tumpukan sampah di saluran irigasi Desa Bantarjaya, Kecamatan Rancabungur, banyak dikeluhkan masyarkat. Hal ini lantaran aliran irigasi tersebut merupakan akses bagi para petani di wilayah Bantarjaya untuk mengairi sawahnya.
Kepala Desa Bantarjaya Humaedi mengatakan, pihaknya telah mengajukan persoalan tersebut di tingkat kecamatan hingga ke Dinas Kebersihan dan Lingkungan Kabupaten Bogor, namun hingga kini belum juga mendapatkan solusi.
”Kami memang sudah membuat terobosan terkait sampah yang menumpuk di aliran Kali Cidepit, baik pembuatan bank sampah dan lainnya. Namun setiap ajuan yang kami layangkan, belum juga mendapatkan respons,” ungkapnya, kemarin.
Menurutnya, sampah yang menumpuk itu adalah kiriman dari Kota Bogor, yakni dari wilayah Mantarena.
“Gara-gara ini, banyak petani yang beralih bercocok tanam sehingga aliran irigasi menjadi tidak terurus,” paparnya. Sementara itu, seorang petani di Desa Bantarjaya Saefuloh (48), berharap agar menemukan titik terang dari persoalan tersebut. ”Sampah itu adalah hama yang harus dibasmi,” cetusnya. (yos/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *