Warga Benarkan Gardenia Caplok Lahan Kali Ciheuleut

by -

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Proses pembangunan Apartemen Gardenia Residence yang berlokasi di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, ternyata memang benar membuat Kali Ciheuleut kerap meluap. Sebab, sebelumnya Kali Ciheuleut yang lebar kini menjadi sempit karena jarak bangunan dengan kali hanya berjarak 5 meter. Sehingga setiap datang musim hujan, warga Kelurahan Cibuluh menjadi langganan banjir.
Warga RT 01/04, Yuda Mulyadi (42) mengatakan, sebelum adanya bangunan Apartemen Gardenia Residence jika musim hujan rumahnya memang kerap menjadi langganan banjir. Namun, banjirnya tak separah saat ini ketika ada bangunan Apartemen Gardenia. ”Kalau dulu banjirnya sedikit, tetapi sekarang sampai pinggang orang dewasa,” ujar Yuda kepada Metropolitan.
Kali Ciheuleut pun menurut Yudi sebelumnya memang lebar, namun sekarang karena adanya pembangunan Apartemen Gardenia menjadi sempit. Bahkan kali ini pun menjadi dangkal. Jadi wajar jika kemarin-kemarin terjadi banjir besar di Kelurahan Cibuluh yang memang disebabkan karena penyempitan kali. “Hingga kini kali tersebut belum pernah dikeruk. Padahal, ketika pembangunan banyak tanah yang masuk ke dalam kali. Seharusnya pihak apartemen bisa bertangung jawab,” terangnya.
Yudi juga menambahkan, dirinya tak bisa berbuat apa-apa. Bahkan pihak Kelurahan Cibuluh pun tak bisa bertindak lebih jauh terkait adanya pendangkalan Kali Ciheuleut. “Seharusnya pihak pengembang bisa ditindak agar tidak terjadi banjir lagi,” paparnya. Sementara itu, Dinas Pengawasan Bangunan dan Pemukiman Kota Bogor belum dapat dimintai keterangan terkait pengawasan bangunan Apartemen Gardenia Residence yang sering dikeluhkan masyarakat Kelurahan Cibuluh. (mam/b/ram/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *