SHARE

Seharga Mobil Mewah

METROPOLITAN.ID – Dewan Perwakilan Rakyat  (DPR) berencana membeli ambulans dengan harga Rp1,7 miliar. Rencana itu pun mendapat kritikan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra).
Dalam Rencana Umum Pengadaan Tahun Anggaran 2016 ada poin pengadaan ambulans sebanyak satu unit. Nilai pagu anggarannya adalah sebesar Rp1,7 miliar.
Nilai pengadaan ambulans ini dikritik Fitra. DPR diminta menjelaskan kepada publik jenis dan penyebab anggaran itu sangat besar.  ”Ambulans model apa berharga Rp1,7 miliar? Oleh karena itu, DPR perlu menjelaskan terkait spesifikasi dan urgensinya pengadaan ambulans. Sehingga pengadaan kendaraan di RUP DPR RI bisa diterima dengan akal sehat,” kata Manager Advokasi Fitra, Apung Widadi.
Padahal, di 2015 juga ada anggaran pengadaan ambulans. Nilainya sebesar Rp1.905.81­0.000. Dari penelusuran Fitra, setiap tahunnya anggaran terkait pe­ngadaan dan perawatan kendaraan DPR RI cenderung meningkat, kecuali tahun 2016 terjadi penurunan. Pada tahun 2016 pengadaan mencapai Rp.8.767.­227.000.
DPR juga menganggarkan pembelian sarana penunjang dan obat-obatan sebesar Rp7,2 miliar. Ada pula anggaran pe­ngadaan treadmill test (treadmill plus EKG) sebesar Rp984.420.000.
”Angka tersebut adalah angka yang cukup besar, mengingat fungsi DPR bukanlah sebagai rumah sakit, maka angka Rp7,2 miliar harus dijelaskan,” kata Apung. (de/er/wan)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY