9.000 Bocah Jasinga bakal Diimunisasi

by -

METROPOLITAN.ID | JASINGA – Jelang Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Tingkat Kecamatan, UPT Puskesmas Jasinga siap mendata masyarakat yang terkena polio. Bahkan, seluruh stakeholder seperti tingkat kecamatan dan UPT puskesmas membahas hal itu di aula Kantor UPT, belum lama ini.
Kepala UPT Puskesmas Jasinga Anang Sujana mengatakan, rapat koordinasi tersebut membahas persiapan dan teknis pelaksanaan PIN nanti. “Kami menargetkan 9.000 lebih anak Jasinga mendapatkan pelayan kesehatan polio,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.
Menurut dia, polio merupakan sejenis penyakit paralisis atau lumpuh yang disebabkan virus. Agen pembawa penyakit yang dinamakan poliovirus (PV) itu masuk ke tubuh melalui mulut dan menginfeksi saluran usus.
“Virus ini bisa masuk ke aliran darah, mengalir ke sistem saraf pusat dan menyebabkan lemahnya otot dan radang kelumpuhan (paraliasis),” urainya.
Ia menjelaskan, sebanyak 94 tenaga medis dari puskesmas akan disebar di 16 desa di Kecamatan Jasinga untuk meminimalisasi wabah polio. Penyebaran penyakit itu paling banyak terjadi di  Desa Kalongsawah, sehingga desa yang paling banyak jumlah sasarannya yakni 1.074.
“Kita akan beri imunisasi kepada para balita. Survailance Acute Flaccid Paralysis atau penemuan penderita yang dicurigai lumpuh layuh pada usia di bawah 15 tahun juga jadi prioritas kami. Selain itu, mereka juga harus diperiksa tinjanya, karena dari situlah diagnosanya bisa diketahui,” pungkasnya. (ads/b/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *