Botol Plastik Disulap Jadi Kerajinan Tangan

by -1 views

METROPOLITAN.ID | SEJUMLAH pemuda warga Kelurahan Ranggamekar membuat berbagai macam kreativitas dari limbah bekas rumah tangga yang didaur ulang menjadi barang-barang bernilai jual.  “Kami di sini membuat kerajinan tangan. Ada bunga dari botol bekas air mineral, ada juga yang membuat pot bunga,” ujar Ketua Rumah Kreatif Nusantara Hery Harianto kepada Metropolitan, kemarin.
Tak hanya itu, lanjut Hery, rumah bercat hijau tersebut juga  memproduksi replika tas dan barang elektronik. Barang-barang itu dibuat dengan kardus bekas. “Kami di sini coba memanfaatkan barang-barang bekas dan bertukar pikiran untuk membuat suatu kreasi,” katanya.
Untuk memasarkan barang daur ulang itu, sambung Hery, pihaknya menjual kepada warga sekitar. Misalnya, untuk satu pot bunga hias, ia menjualnya seharga Rp10.000. Namun kalau pot itu sudah diisi bunga, harganya sekitar Rp25.000. “Alhamdulillah, selama ini sudah ada warga yang mau membeli hasil kreasi kami,” terangnya.
Berkat keterampilan yang dimiliki anggota Rumah Kreatif Nusantara, pihaknya sering mengikuti pameran yang dilakukan di tingkat kelurahan, kecamatan maupun kota. Bahkan, tak jarang, anak sekolah datang untuk belajar membuat hiasan rumah tangga atau kantor. “Kami sering dikunjungi anak-anak sekolah. Mereka biasanya datang untuk belajar, tapi kadang  kami dipanggil untuk memberikan pelatihan di luar,” pungkasnya. (ano/b/feb/py)