News, Sport and Lifestyle

Dana BOS Belum Turun, Kepsek Ngutang

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Pengelola pendidikan SDN di Kota Bogor mulai resah. Sebab, baik dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pusat maupun kota, belum juga turun sehingga mereka kesulitan menggaji guru honor. Bahkan, tidak sedikit kepala sekolah (kepsek) yang berusaha mencari pinjaman untuk memenuhi kebutuhan operasional sekolah. ”Mau tidak mau Pak, kami  harus menutupi kebutuhan sekolah. Terutama dalam menggaji guru honor. Jadi, hal itu tidak boleh ditunda-tunda. Sebab, itu kebutuhan yang harus dipenuhi. Sedangkan soal uang, itu urusan kami. Yang pasti kami minjam dulu, setelah dana BOS turun baru kami bayar,” kata sejumlah kepala SDN di wilayah Kecamatan Tanahsareal dan Bogor Tengah yang enggan ditulis namanya kepada Metropolitan, kemarin.

Mereka juga mengaku, kebutuhan operasional sekolah juga perlu diperhatikan oleh para kepsek. Seperti pembayaran listrik dan air pam, jika ditunda-tunda akan terkena denda. Padahal, dalam penggunaan dan pengeluaran dana BOS, tidak termasuk membayar denda. ”Yang pasti, kami-kami ini harus pintar untuk mencari dana talangan sebelum dana BOS cair,” papar seorang kepala SDN di kawasan Jalan Pengadilan, Kecamatan Bogor Tengah.
Menanggapi hal itu, Pengelola Dana BOS Pusat Mujiasih Lestari kepada Metropolitan menjelaskan, dalam waktu dekat ini dana BOS pusat akan segera cair. Sebab, sudah tidak ada kendala karena di Provinsi Jawa Barat sedang proses pencairan. ”Jadi, untuk Jawa Barat juga belum ada yang turun. Namun, (Senin petang, red) dari Provinsi sudah bawa berkas Memorandum of Understanding (MoU). Mudah-mudahan nggak lama lagi cair,” ujar Muji.
Sementara itu, pengelola dana BOS Kota Bogor Jajang Koswara kepada Metropolitan menjelaskan bahwa dana BOS Kota Bogor triwulan pertama akan cair pada Maret mendatang. Namun, ia enggan menjelaskan alasan kenapa turunnya pada bulan tersebut. ”Insya Allah, dana BOS Kota Bogor bisa dicairkan pada Maret mendatang. Jadi harap bersabar, ya,” imbuhnya. (tur/ar/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *