News, Sport and Lifestyle

Dari Anak Muda Sampai Orang Tua Ngumpul

METROPOLITAN.ID | Alunan salawat dan puji-pujian terdengar begitu syahdu saat sekelompok pemuda melantunkannya sambil dibarengi bunyi tabuh musik gambus. Pagi itu di Kampung Muaraberes, RT 02/01, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, mulai dari anak muda hingga orang tua, berkumpul memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. HALAMAN Musala Darussalam nampak sudah dipenuhi jamaah yang ikut merayakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Meski hanya beralaskan karpet, warga antusias mengikuti perayaan tahunan di kampungnya. Suasana terlihat begitu Islami, lengkap dengan busana muslim. Koko dan peci untuk para lelaki dan busana muslimah khusus kaum hawa. Sedikitnya ada 900 warga yang hadir merayakan hari kelahiran Rasulullah SAW.
Ketua Pelaksana Abdul Azis Lamajido mengaku bersyukur acara tahunan di kampungnya bisa berjalan lancar. “Alhamdulillah yang datang sangat banyak. Warga di sini begitu antusias dengan perayaan Maulid Nabi yang rutin diselenggarakan setiap tahun,” ujarnya.
Tak hanya warga RT 02, jamaah masjid, musala dan majelis taklim di lingkungan Kelurahan Sukahati pun ikut dalam perayaan tersebut. “Bagi warga di lingkungan kami, Maulid Nabi menjadi media silaturahmi yang ampuh. Semua saling membantu dan bergotong-royong untuk menyukseskan acara,” terangnya.
Hal senada juga disampaikan Ketua DKM Musala Darussalam H Nurhasan. Baginya, acara Maulid Nabi merupakan tradisi di kampungnya yang sudah turun-temurun. Bahkan, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) secara bergilir membuat acara Maulid Nabi sehingga tidak bentrok. “DKP biasanya berkumpul. Ketika bulan Maulid, semua masjid menentukan tanggal agar tidak bentrok. Sehingga saat acara, jamaah bisa hadir bersama-sama dalam satu tempat,” imbuhnya.
Sedangkan Ketua RT 02 Ma’mun Adizi mengaku bahagia dengan terselenggaranya acara Maulid Nabi di kampungnya. “Momen Maulid Nabi merupakan kebersamaan yang paling ditunggu-tunggu. Mulai dari orang tua hingga pemuda kompak menyusun acara sedemikian rupa,” pungkasnya. (fin/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *