Pemkot Gelontorkan Rp50 M buat Perbaiki Jalan

by -0 views

METROPOLITAN.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi mengalokasikan anggaran hampir Rp50 miliar lebih untuk biaya perbaikan jalan. Hal itu sesuai harapan masyarakat agar di Kota Sukabumi tidak ada lagi jalan yang rusak.
“Saya targetkan pada 2016 tidak ada lagi jalan bolong (berlubang, red). Tapi ingat, bukan jalan yang ada di kota, tapi jalan berstatus milik Pemkot Sukabumi. Anggaran infrastruktur untuk jalan sudah kami alokasikan melalui Dinas Perhubungan dan Bina Marga sebesar Rp50 miliar lebih,” kata Walikota Sukabumi, M Muraz di Gedung Juang, Jalan Veteran, Kota Sukabumi, kemarin.
Program perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan menjadi salah satu yang diprioritaskan Kota Sukabumi. Hanya saja, Muraz memberi gambaran jika tidak semua jalan yang melintas di Kota Sukabumi pengelolaannya dilakukan Pemkot Sukabumi.
“Yang kami perbaiki kondisi infrastruktur jalannya adalah milik Pemkot Sukabumi. Tentunya itu menjadi tanggung jawab kami. Selama ini kadang masyarakat tidak paham dalam pengelolaannya. Jika ada jalan milik provinsi atau nasional yang rusak, masyarakat meminta perbaikannya kepada kami. Bukan kami tidak mau perbaiki, tapi akan menyalahi aturan jika jalan yang diperbaiki itu berstatus jalan provinsi atau nasional,” jelas Muraz.
Tapi, Pemkot Sukabumi juga tak lepas tangan begitu saja jika terdapat kondisi infrastruktur jalan rusak milik provinsi atau nasional. Pemkot Sukabumi, kata Muraz, selalu mengupayakan berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi. “Yang pasti, tahun ini kita prioritaskan perbaikan infrastruktur jalan rusak sehingga tidak ada lagi jalan yang bolong,” tegasnya.
Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Perhubungan dan Bina Marga Kota Sukabumi, panjang jalan keseluruhan yang menjadi tanggung jawab Pemkot Sukabumi hanya 115,336 kilometer. Pada 2015 lalu, tingkat kerusakan jalan masih di bawah 5 persen atau sekitar 6,021 kilometer. (rci/sal/wan)